Warga Lapas Narkotika Peringati HUT RI


Selasa, 16 Agustus 2016 - 03:09:32 WIB
Warga Lapas Narkotika Peringati HUT RI WARGA binaan Lapas Narkotika Sawahlunto meriahkan HUT RI.

SAWAHLUNTO, HALUAN — Semarak HUT Re­publik Indonesia ke-71 dirasakan warga binaan La­pas Narkotika Sawahlunto. Beragam lomba dan per­mainan menjadi semarak di tengah 33 warga binaan, di lembaga binaan khusus terse­but.

Mulai dari lomba eng­grang, terompa panjang, tarik tambang, lomba menyanyi lagu hari merdeka, catur, domino, olahraga takraw, hingga pacu ka­rung, mem­berikan kemeriahan tersen­diri bagi mereka yang telah lama diasingkan dari keluarga dan masyarakat itu.

“Lomba dan pertan­di­ngan ini ditujukan untuk kemeriahan HUT RI ke 71 di lembaga pemasyarakatan ini,” ungkap Kepala Lapas Nar­kotika Sawahlunto, Bada­rudin kepada Haluan, Senin (15/8).

Khusus untuk lomba me­nyanyi lagu hari merdeka, dilaksanakan serentak secara nasional di seluruh seluruh lapas di Indonesia. Tak ayal, lomba tersebut mendapat penghargaan Rekor MURI dalam kategori menyanyikan lagu hari merdeka se In­donesia.

Menurut Badarudin di­dam­pingi Kasi Pem­bi­na­an Lily Reni, perlombaan ditujukan untuk meme­riah­kan hari kemerdekaan, me­mupuk kerja sama dan ke­kom­pakan warga binaan, melestarikan budaya In­do­nesia.

“Yang terpenting me­mupuk rasa nasionalisme dan cinta tanah air dalam diri setiap warga binaan. Selain itu, tentunya meningkatkan kebugaran dan refreshing warga binaan itu sendiri,” tambah Lily.

Badarudin dan Lily me­nga­takan, saat ini terdapat 33 warga binaan di Lapas seluas empat hektar tersebut. Semua warga binaan berkelamin laki-laki, yang berasal dari berbagai lapas di Sumatera Barat.

Lapas Narkotika Sa­wah­lunto sendiri, saat ini baru masuk tahun kedua. Dari 33 warga binaannya, sebagian besar merupakan pemakai narkotika, dengan masa hu­kuman terendah satu tahun enam bulan.

Dengan cakupan kawasan seluas empat hektar itu, La­pas Nartikotika Sa­wahlunto diawasi 22 personil, dengan kekuatan 15 pria dan 7 wa­nita. (h/dil)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 17 September 2020 - 13:12:31 WIB

    Ketua DPRD Mentawai Ajak Warga Patuh Prokes Covid-19

    Ketua DPRD Mentawai Ajak Warga Patuh Prokes Covid-19 HARIANHALUAN.COM - Ketua DPRD Mentawai Yosep Sarogdok mengimbau seluruh masyarakat Mentawai untuk mematuhi protokol kesehatan (Prokes) dalam memutus rantai penyebaran virus corona, khususnya terhadap peserta politik, pengusun.
  • Rabu, 09 September 2020 - 18:05:26 WIB

    Jaga Lingkungan Tetap Asri, Warga di Nagari Ini Rutinkan Gotong Royong

    Jaga Lingkungan Tetap Asri, Warga di Nagari Ini Rutinkan Gotong Royong HARIANHALUAM.COM - Guna menjaga lingkungan tetap asri, pemerintahan Nagari Sikucua Tengah, Bamus, lembaga Masyarakat, Wali Korong dan Masyarakat Sikucua Tengah, Kecamatan V Koto Kampung Dalam Kabupaten Padang Pariaman menggel.
  • Selasa, 01 September 2020 - 15:22:40 WIB

    Warganet Kecam Aksi Tak Manusiawi Saat Penangkapan Pelaku Mesum di Pasaman

    Warganet Kecam Aksi Tak Manusiawi Saat Penangkapan Pelaku Mesum di Pasaman HARIANHALUAN.COM - Warganet ramai-ramai mengecam aksi main hakim dan tidak manusiawi oleh warga Ampanggadang, Nagari Panti Selatan, Kecamatan Panti, Kabupaten Pasaman terhadap pelaku mesum (asusila) di daerah itu, Senin (31/8.
  • Senin, 31 Agustus 2020 - 11:05:37 WIB

    Pemerintah Desa Ini Bagi 2.000 Masker untuk Warga

    Pemerintah Desa Ini Bagi 2.000 Masker untuk Warga HARIANHALUAN.COM - Pemerintah Desa (Pemdes) Tungkal Selatan Kota Pariaman membagi bagikan 2.000 masker kepada warga setempat, Senin (31/8/2020). Pemberian masker itu diantarkan langsung ke rumah-rumah warga..
  • Jumat, 28 Agustus 2020 - 23:57:14 WIB

    Warga Kabupaten Solok Positif Covid-19, Puskesmas Palembayan Ditutup Sementara

    Warga Kabupaten Solok Positif Covid-19, Puskesmas Palembayan Ditutup Sementara HARIANHALUAN.COM - Pelayanan di Puskesmas Palembayan Kabupaten Agam, untuk sementara ditutup setelah ditemukannya seorang warga yang berobat positif Covid-19. Camat Palembayan, Ridwan menyebutkan jika pasien itu adalah tamu p.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]