Sanggar Rumah Gadang Sabet Dua Penghargaan Nasional


Selasa, 16 Agustus 2016 - 03:13:21 WIB

Arosuka, haluan — Se­telah sukses menyabet peng­hargaan terbaik dua nasional pada festival Nasional tari 2016 yang diselenggarakan di Jakarta pada tanggal 6 hingga 7 Agustus 2016 lalu, Sanggar Tari Rumah Gadang dibawah pimpinan Evi Nofrianti, hari Jum’at petang (12/8), menggelar silaturrahmi dengan Bupati Solok, H. Gusmal Dt Rajo Lelo, di ruang kerja bupati.

Kepada Bupati Solok, Evi Nofrianti menjelaskan bahwa Sanggar Tari Rumah Gadang dipercaya mewakili Sumbar pada (Festival Nasional Tari 2016) (FNT) dengan Tari Tam­buah Ciek yang dibawakan oleh anak-anak dari Sanggar Seni Tari Rumah Gadang, Nagari Cupak, Kabupaten Solok dan berhasil meraih 2 dari 5 penghargaan yang disediakan pada Festival Nasional Tari 2016 di Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta. “Rombongan yang kami bawa sebanyak 10 orang yang terdiri dari 5 orang penari dan 5 orang pemusik,” terang Evi Nofrianti.

Dijelaskannya, lima orang dari penari diantaranya meru­pakan anak-anak perempuan yang berasal dari Nagari Cupak, Kecamatan Gunung Talang. Dua orang dari SDN 01 Gunung Talang, bernama Prilioni Putri Galih dan Fanya Jenika dan tiga lainnya dari SMPN 02 Gunung Talang, bernama Qory Sabrian, Hana Yuki Pratiwi, dan Yolanda Nurul Rahmadani dan pemusik Gib­ransyah. “Alhamdulillah anak-anak ini berhasil mem­buktikan diri bisa meraih pres­tasi, mes­kipun mereka berasal dari desa dan berhasil me­nyingkirkan 34 kontestan lain­nya,” sambung Evi Nofrianti.

Karya pertamanya berjudul Kencak Si Upiak, pernah diba­wakan pada FL2SN di Semarang pada tahun 2013. Pada FNT 2016 tingkat anak-anak, Kabu­paten Solok sukses mengha­rumkan nama Sumatera Barat dengan meraih penghargaan pada dua kategori. Yakni, Penata Tari Terbaik dan Penari Terbaik.

Keberangkatan ke Jakarta, juga dibantu oleh banyak pihak seperti dari Pemprov Sumbar, Pemerintah Kabupaten Solok, keluarga besar Nan Jombang Dance Company, hingga anggota DPD RI, Nofi Chandra baik berupa  moril maupun materil. Kepada Bupati Solok, Evi juga menceritakan bahwa Sanggar Tari ini akan mengikuti Festival Tari ASEAN yang akan diikuti oleh negara Brunai Darusslam, Malaysia, Singapura, Thailand, Filifina dan Indonesia pada akhir Agustus 2016 ini di Indra Giri Hilir. (h/ndi)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]