Banyak Data Yang Tidak Sinkron, Syarat Dukungan Paslon Perseorangan Dicoret


Selasa, 16 Agustus 2016 - 03:35:19 WIB
Banyak Data Yang Tidak Sinkron, Syarat Dukungan Paslon Perseorangan Dicoret

PAYAKUMBUH, HALUAN — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Payakumbuh, menemukan banyak ketidaksinkronan data yang diserahkan pasangan calon per­seorangan sebagai syarat maju pada Pilkada Kota Payakumbuh 2017 mendatang. Perbedaan data itu terlihat pada lembaran syarat dukungan dengan data yang tertera di KTP.

Karena itu, KPU Kota Paya­kum­buh langsung mencoret setiap berkas dukungan yang berbeda data itu dari pasangan calon per­seorangan tersebut. “Data di lem­baran dukungan berbeda dengan data di KTP. Ini melanggar Peraturan KPU nomor 5 tahun 2016,” tegas Ketua KPU Kota Payakumbuh, Hetta Mambayu.

Tidak sinkronnya berkas du­kungan tersebut, didapati dari dua pasangan calon perseorangan yang sudah menyerahkan syarat duku­ngan ke KPU Kota Payakumbuh. Yakni pasangan Welya Safitri-Rio Mainelda Cai dan pasangan Wendra Yunaldi- Ennaidi.

“Setiap berkas dukungan yang berbeda data, langsung kita coret. Ini merupakan sanksi tegas yang sudah dinyatakan oleh Peraturan KPU nomor 5 tahun 2015 terutama pada pasal 20,” terang Hetta Mambayu.

Dicontohkan, pada lembaran dukungan memiliki NIK sama dengan di KTP. Ketika dicek, ternyata alamat si A ini berbeda antara yang tertulis di lembaran dukungan dan di KTP. Begitu juga sebaliknya, ada nama yang sama, alamat yang sama tetapi NIK nya berbeda. “Syarat dukungan seperti ini yang kita coret,” tegas Hetta Mambayu.

Saat penyerahan dukungan, kedua pasangan calon me­nyerahkan syarat dukungan jauh melebihi batas ninimum sebanyak 10 persen dari total pemilih atau sebanyak 8674 dukungan. Pasa­ngan Welya Safitri-Rio Mainelda Cai memiliki sebanyak 10.300 dukungan. Sedangkan pasangan Wendra Yunaldi-Ennaidi memiliki 12015 dukungan.  (h/ddg)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]