PENGAMPUNAN PAJAK

Tak Laporkan Harta, Wajib Pajak Disanksi


Selasa, 16 Agustus 2016 - 03:55:00 WIB
Tak Laporkan Harta, Wajib Pajak Disanksi Anggota DPRD Sumbar Suwirpen, pengusaha Sumbar, S. Budi Syukur (PT Bintang Sejahtera) dan H. Zulfikar Atut (PT X Dareh), menghadiri Sosialisasi Amnesti Pajak di Hotel Mercure, Padang, Senin (15/8). (LENI MARLINA)

PADANG, HALUAN — Pemerintah pusat memberlakukan kebijakan pengampunan pajak terhitung 30 September 2016 sampai 31 Maret 2017. Wajib pajak yang tak melaporkan harta sesuai batas waktu pengampunan akan dikenai PPh hingga sanksi sebesar 200 persen.

Hal itu disampaikan oleh Gu­bernur Sumater Barat, Ir­wan Prayitno dalam acara so­sia­lisasi amnesty pajak di  Ho­­tel Mercure, Senin (14/8). Ia mengimbau wajib pajak pe­rorangan  dan perusahaan un­tuk memanfatkan kebi­jakan amnesti pajak dengan sebaik-baik­nya. Untuk men­da­patkan pe­ngampunan pa­jak, wajib pa­jak dapat mela­ku­kannya de­ngan menyam­paikan Surat Pernyataan Har­ta untuk Pe­ngam­punan Pajak (SPHPP).

“Amnesti pajak akan ber­manfaat bagi masyarakat. Uang masuk dari amnesti pa­jak bisa disalurkan untuk  in­vestasi dan pembangunan daerah,” ujar Irwan usai mem­buka sosialisasi tersebut.

Ia menerangkan, jika wa­jib pajak tak melaporkan harta yang dimiliki melewati tanggal pengampunan, harta tersebut akan diperhitungkan sebagai tambahan peng­hasi­lan. Wajib pajak bisa dikenai PPh dan sanksi hingga sebe­sar 200 persen 

“Oleh karena itu, masya­rakat segera melaporkan harta yang dimiliki. Sudah saatnya juga kita merapikan admi­nis­trasi sebagai warga negara,” tutur Irwan. 

Sementara itu, Kapolda Sumbar, Brigjen Pol Basa­rudin mengatakan, pihaknya siap mendukung program amnesti pajak. ”Kami siap mengamankan setiap kebi­jakan mulai dari tingkat pusat hingga daerah. Dengan ada­nya amnesti pajak, iklim in­ves­tasi diharapkan meng­ge­liat sehingga PAD juga bisa me­ningkat. Polri akan mem­be­­rikan dukungan secara mak­­­­simal,” ucap Basarudin.

Kepala Kantor Otoritas Ja­sa Keuangan (OJK) Per­wa­kilan Sumbar, Indra Yuheri menye­butkan, pihaknya juga siap mengawasi bank-bank yang ditunjuk mendukung pelak­sa­naan amnesti pajak. (h/len)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]