PENETAPAN RYAN JADI TERSANGKA

Polres Agam Menang Praperadilan


Selasa, 16 Agustus 2016 - 04:15:10 WIB
Polres Agam Menang Praperadilan PENASEHAT hukum Polres Agam saat di pengadilian Negeri Agam.

Agam, Haluan — Pengadilan Negeri Agam, melalui hakim Suluh .SH dalam sidang Praperadilan mendengarkan putusan, Senin (15/8) sore, menolak seluruh Permintaan pengugat Dirut C.V Filma Inti Media pers, Ryan Wafilma yang keberatan atas penetapan dirinya sebagai tersangka oleh Polres Agam.

Dalam sidang tersebut hakim juga menerima seluruh permohonan Polres Agam selaku tergugat, dimana pe­netapan tersangka Ryan Wa­filma dalam kasus dugaan pen­cemaran nama baik Bupati Agam sudah memenuhi selu­ruh unsur serta sesuai dengan ke­tentuan perundang-un­da­ngan.

Sidang tersebut dihadiri oleh Penasehat hukum dari Bidkum Polda Sumbar di­pimpin AKBP Sugeng Ri­yadi. MH. Sik serta ikuti TUJUH orang lagi Penasehat antara lain, Akp Syafril Wino M.H, AKP Amprisman. SH, Akp Sya­frizen.SH (Kasat Reskrim Pol­res Agam), Iptu Eri Ma­ryen­fi. SH, Ipda Ad­rian Rahayu Priyatna. Stk, Bripka Fau­dil.

Penasehat hukum yang juga Kasat Reskrim Polres Agam, AKP Syafrizen me­ngatakan, sebelumnya Riyan Wafilma tidak menerima penetapan dirinya sebagai Tersangka oleh Polres Agam. Kemudian ia mengajukan Praperadilan kepada Pe­nga­dilan Negeri Agam. Setelah melakukan serangkaian si­dang, hakim telah menolak gugatan pemohon Ryan. “Pe­mohon tidak memerima dite­tapkan sabagai tersangka dalam pasal Tindak Pidana Umum mel­ang­gar pasal 311 ayat 1 yo 310 ayat 2 KUHP. Ia kemudian mengajukan praperadilan, itu sah-sah saja dan merupakan haknya se­bagai warga negara. Tetapi alhamdulillah hakim telah memuntuskan Polres Agam menang dalam praperadilan ini,” katanya.

Dikatakan Syafrizen, pi­hak kepolisian sudah sangat banyak bukti untuk me­netap­kannya sebagai tersangka. Antara lain pemeriksaan saksi ahli dari Dewan Pers Jakarta. Mereka juga sudah meneliti setelah meneliti status Media koran dari Ri­yan Wafilma dengan nama Media Pem­ba­ngunan Inde­penden. “Media tersebut tidak terdaftar di Dewan Pers sehingga dengan demikian Dewan Pers dalam pu­tusan­nya yang direkomendasikan apabila ada masyarakat yg merasa dirugikan atas pem­beritaan surat kabar tersebut dapat menuntut dengan UU lain Diluar UU Pers,” je­lasnya. (h/tim)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]