UNES-AAI Gelar Bintek Diikuti Pimpinan dan Anggota DPRD


Selasa, 16 Agustus 2016 - 04:17:11 WIB
UNES-AAI Gelar Bintek Diikuti Pimpinan dan Anggota DPRD Rektor Universitas Ekasakti Padang Prof. Dr. H. Andi Mustari Pide, S.H. diabadikan bersama peserta Bintek DPRD Kabupaten Sijunjung. (HUMAS UNES-AAI)

PADANG, HALUAN — Rektor Universitas Ekasakti Padang menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bintek), Pedoman dan Teknis Penyusunan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun 2017 dan APBD Perubahan tahun 2016.  

Diikuti 40 orang Pim­pinan dan Anggota DPRD Kabupaten Agam  dan 30 orang Pimpinan Anggota DPRD Kabupaten Sijunjung, (11-15/8) 2016.

Bintek ini dibuka secara resmi oleh Rektor Universitas Ekasakti Padang Prof. Dr. H. Andi Mustari Pide, SH di Axana Hotel Padang.Materi yang akan dibahas dalam Bintek nanti Pedoman dan Teknis Penyusunan APBD Tahun 2017 berdasarkan peraturan terbaru, diberikan Ihsan Dirgahayu, S.S.TP dari Ditjen Keuangan Daerah Kemendagri dan materi Mem­bangun Ketahanan Pa­ngan Nagari diberikan Dr. Ivonne Ayesha, MP Alumni S3 Universitas Pajajaran Bandung dan aktif di ber­bagai riset unggulan, seka­rang menjabat Ketua Lem­baga Penelitian dan Pengab­dian pada Masyarakat (LP­PM) Universitas Ekasakti - Akademik Akuntansi Indo­nesia (UNES-AAI) Padang.

Rektor Universitas Eka­sakti Padang Prof. Dr. H. Andi Mustari Pide, S.H. mengha­rapkan kepada pe­serta Bintek agar dapat mem­buka wawasan, pengetahuan dan diskusi yang mendalam, sehingga dapat meningkatkan kapasitas Anggota DPRD sebagaimana diamanahkan Undang Undang No.23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, dan diubah Undang Undang No. 9 tahun 2015. Khusus yang berkaitan de­ngan pengaturan terbaru mengenai Pedoman dan Tek­nis Penyusunan APBD tahun 2017 dan APBD Perubahan tahun 2016.

Dalam penyampaian ma­teri nanti, Rektor berharap kepada pemateri agar tuntas menyampaikan Pedoman Penyusunan APBD tahun 2017 sebagaimana diatur Permendagri No.31 tahun 2016 tentang Pedoman Pe­nyusunan APBD tahun Ang­ga­ran 2017, yang ditetapkan oleh Menteri Dalam Negeri sehari setelah lebaran lalu.

Kepada para peserta Bin­tek agar mendiskusikan de­ngan narasumber mengenai hal-hal yang berkaitan de­ngan penyu­sunan APBD, dan apa yang dimaksud dengan kehendak politik (political will) Pe­merintah agar dalam me­nyu­sun Anggaran ada perubahan cara pandang atau mindset.

Mindset selama ini money follow function dan money follow organization (anggaran yang mengikuti SKPD dan Tupoksi) menjadi money follow programme (anggaran mengikuti kegiatan) artinya penyusunan berbasis prog­ram atau kegiatan, yaitu dengan cara memastikan hanya program yang benar-benar bermanfaat dan ber­dampak langsung bagi ma­sya­rakat yang dialokasikan.

Selain dalam bentuk Bin­tek, UNES-AAI berkenan juga menyediakan tenaga ahli di bidang Keuangan, Eko­nomi Pembangunan dan Pem­ba­ngunan Wilayah untuk mem­bantu tugas kedewanan dalam rangka penye­leng­garaan pe­merintahaan daerah di Kabu­paten Agam dan Kabupaten Sijunjung. Tawa­ran ini semata-mata sebagai pengejawantahan tugas Pe­ngabdian Masyarakat sebagai salah satu dari Tri Dharma Perguruan Tinggi. Rektor UNES juga mengin­forma­sikan kepada para peserta Bintek bahwa saat ini 820 orang mahasiswa Universitas Ekasakti tengah melakukan KKN-PPM di tujuh Kabu­paten/Kota di Sumatera Barat yang tersebar di 25 Nagari dan Kelurahan dengan 31 lokasi.

Mahasiswa KKN-PPM ini adalah duta-duta UNES-AAI yang menjembatani atau meng­hubungkan antara dunia pendidikan tinggi, kampus Teori Ilmu Pengetahuan, Sains dan Teknologi dengan ma­syarakat, kampus kehi­dupan yang sebenarnya. Me­reka ini belajar langsung bersama masyarakat untuk meme­cah­kan permasalahan sosial di ma­sya­rakat. Ujar Andi Mustari Pide.

Dalam kesempatan  ini Ketua DPRD Kabupaten  Sijunjung Mukhlis Rasyid, S.Sos menyebutkan dia mera­sa terbantu dengan adanya Bimbingan Teknis (Bintek) yang diselenggarakan LPPM Universitas Ekasakti Padang, karena Pimpinan dan Ang­gota DPRD Kab. Sijunjung mempunyai latar belakang pendidikan yang berbeda, pada Bintek inilah katanya bisa menyamakan presepsi.

Mukhlis mengakui ekse­kutif lebih menguasai dari Pimpinan dan Anggota DP­RD di Bidang Keuangan, Hukum, Anggaran, karena sudah puluhan tahun meng­geluti bidang tersebut. Se­dangkan Anggota DPRD bertugas 5 tahun, ada berlan­jut terus dan ada 5 tahun saja, tentu kemampuannya akan berbeda, ujar Mukhlis.

Mukhlis Rasyid meng­harapkan kepada Anggota DPRD yang mengikuti Bin­tek ini, harus belajar terus untuk mengimbangi kemam­puan Aparat Pemerintah, melalui  Bintek ini  kami bisa meningkatkan kemampuan dan kualitas dalam penyu­sunan APBD tahun 2017 dan APBD Perubahan tahun 2016.  (h/nsb/rel)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 28 November 2016 - 01:01:22 WIB

    UNES-AAI Sudah Cetak 21.514 Lulusan

    UNES-AAI Sudah Cetak 21.514 Lulusan PADANG, HALUAN — Rektor Universitas Ekasakti-Akademi Akuntansi Indonesia (UNES-AAI), Andi Mustari Pide, me­lantik 376 wisudawan, Sabtu (26/11). Upacara wisuda berlangsung di Auditorium UNES-AAI dan dihadiri oleh Koordinato.
  • Senin, 02 Mei 2016 - 14:30:24 WIB

    Unes-AAI Kembali Lahirkan 661 Wisudawan

    Unes-AAI Kembali Lahirkan 661 Wisudawan PADANG, HALUAN —Un­i­versitas Ekasakti (Unes) Padang mewisuda 661 lu­lusan dalam wisuda ke-47 dan Akademi Akutansi In­do­nesia (AAI) ke-57, di Gor UNP Padang, Sabtu (30/4). Acara dibuka secara resmi oleh Rektor Uni­ve.
  • Sabtu, 05 Maret 2016 - 03:40:19 WIB

    Menwa UNES-AAI Gelar Pra Diksar

    PADANG, HALUAN — Re­simen Maha­siswa Satuan 107 Mahajayasakti UNES-AAI Padang gelar Pra Pen­didikan Dasar (Pra Diksar) bagi calon anggota baru resimen mahasiswa selama 3 hari, mulai 2-4 Maret di Kampus UNES-AAI Pa­dang .
  • Rabu, 24 Februari 2016 - 01:50:33 WIB
    Penerimaan Mahasiswa Tahun Ini

    UNES-AAI Sediakan 2.500 Kursi

    PADANG, HALUAN — Universitas Ekasakti-Akademi Akuntansi Indonesia (UNES-AAI) Padang men­ye­di­a­­kan 2.500 kursi untuk ma­hasiswa baru pada penerimaan tahun aka­demik 2016/2017 ini..

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]