DUGAAN KORUPSI RUMDIS WAKO PADANG PANJANG

Kapolda: Tuntaskan Penyidikan


Selasa, 16 Agustus 2016 - 04:50:34 WIB
Kapolda: Tuntaskan Penyidikan Kapolda Sumbar, Brigjen Pol Drs Basarudin.

PADANG, HALUAN — Kapolda Sumbar, Brigjen Pol Drs Basarudin, memerintahkan jajaran Polres Padang Panjang untuk mengusut tuntas kasus dugaan korupsi rumah dinas (rumdin) Wako Padang Panjang, yang telah menetapkan istri Walikota Padang Panjang, Ny. Maria Feronika sebagai tersangka.

“Kita memang telah menetapkan Maria Feronika sebagai tersangka terkait kasus tersebut. Kami harap beliau bisa kooperatif, agar penyidikan bisa ditun­taskan,” kata Brigjen Basa­rudin menjawab Haluan usai mengikuti sosia­lisasi Tax Amnesty di Hotel Mercure, Senin (15/8).

Sebelumnya, Ka­­bid Humas Polda Sumbar, AKBP Syamsi kepada Haluan di ruang kerjanya, Senin juga menekankan hal senada. Syamsi mengatakan, bahwa Kapolda Sumbar telah memerintahkan jajaran Polres Padang Panjang untuk tidak berhenti mengusut kasus dugaan korupsi yang dilakukan oleh Maria Feronika, istri Walikota Padang Panjang, Hendri Arnis.

“Kapolda berpesan agar Polres Padang Panjang jangan menghentikan kasus yang sudah berjalan dan diproses. Sebab selain akan menjadi preseden buruk terhadap upaya penegakan hukum, ini juga akan menjadi upaya penguatan citra polisi di mata masyarakat, sekaligus menepis ang­gapan bahwa polisi tidak berani menyentuh orang berkuasa,” kata Syamsi.

Syamsi sendiri mengaku heran, kenapa Kasat Reskrim Polres Padang Panjang, AKP Ismet dilaporkan oleh Amin Tras, pengacara Maria Fe­ronika. Me­nurutnya, selaku penyidik, tidak mungkin Ismet melakukan tin­dakan yang gegabah dan me­lam­paui batas.

Sebagaimana diberita­kan sebe­lumnya, karena diang­gap sewenang-wenang dan tidak pro­fesional, istri Walikota Padang Panjang Maria Feronika melalui pe­ngacaranya dari Amin Tras Association, melaporkan Ka­polres Padang Panjang Cs ke Propam Polri, bersa­maan dengan pemanggilan Maria Feronika sebagai ter­sangka dalam kasus dugaan korupsi rumdin Wako Pa­dang Panjang.

Pengacara Maria Fero­nika dari Amin Tras Asso­ciation, Amin Tras menga­takan, kliennya telah mela­porkan Kapolres Padang Panjang, Kasat Reskrim, Kanit Tipikor ke Propam Mabes Polri dengan nomor laporan Polisi LP/46/VIII/2016/YANDUAN ter­tanggal 9 Agustus 2016 pukul 14.33 WIB.

“Laporan yang dibuat klien kami terkait dugaan ketidak­profesionalan dan tindakan sewe­nang-wenang yang dilakukan oleh Kapolres Padang Panjang, Kasat Reskrim dan Kanitreskrim Polres Padang Panjang,” sebutnya Amin Tras.

Dikatakannya, laporan yang dibuat tersebut juga bertepatan dengan surat pemanggilan klien­nya yang sudah ditetapkan seba­gai tersangka dalam kasus du­gaan korupsi rumdin Wako Padang Panjang yang tengah ditangani oleh Polres Pa­dang Panjang.

“Dalam kasus ini, kita melihat ada penggiringan opini dan upa­ya kirmina­lisasi terhadap klien kami. Apalagi, klien kami seorang istri walikota dan merupakan pejabat publik di Padang Pan­jang,” jelas Amin Tras.

Amin Tras menyam­pai­kan, pihaknya juga akan terus me­mantau perkem­bangan-perkem­bangan se­kaitan kasus tersebut, termasuk laporan yang telah dimasukkan kliennya ke Propam Mabes Polri.

Sebelumnya, Kapolres Padang Panjang AKPB Heru Yulianto berjanji akan terus mengungkap kasus dugaan korupsi rumdin Walikota Padang Panjang, ter­masuk akan melakukan pemang­gilan terhadap Maria Fe­ronika yang saat itu masih menjadi saksi kunci dalam kasus tersebut.

Selain memanggil Maria Fero­nika, pihak penyidik Tipikor Polres Padang Panjang juga telah menahan tersangka “RLS” (38), staf Bagian Umum Setdako Pa­dang Panjang yang menjadi pengawas di rumah dinas Walikota Padang Panjang, sejak Selasa 3 Mei 2016 lalu. (h/mg-adl/mg-pis)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 21 Juni 2017 - 00:37:49 WIB
    GENCAR BERITA HOAX

    Kapolda: Media Bisa Jadi Penyejuk

    Kapolda: Media Bisa Jadi Penyejuk PADANG, HALUAN - Demi harmonisasi hubungan dan kelancaran komunikasi, keluarga besar Mapolda Sumbar menggelar kegiatan berbuka bersama yang dihadiri langsung oleh Kapolda Sumbar, Irjen Pol Fakhrizal, Wakapolda Sumbar, Brigjen.
  • Selasa, 17 Mei 2016 - 04:30:45 WIB
    Operasi Patuh Digelar

    Kapolda: Upaya Tingkatkan Kepercayaan Warga

    PADANG, HALUAN — Me­s­kipun di bawah rintik hujan, Kapolda Sumbar, Brigjen Pol Drs Basarudin tetap membuka Operasi Patuh Terpusat 2016 yang telah digelar pada 16 Mei hingga 29 Mei 2016 (14 hari) secara serentak di seluru.
  • Senin, 02 Maret 2015 - 19:28:16 WIB

    Kapolda: Tangkap Begal Truk CPO

    PADANG, HALUAN — Kapolda Sumbar, Brigjen Pol Drs Bambang Sri Herwanto menginstruksikan kepada seluruh jajaran Kepolisian Resor (Polres) yang berada di seluruh kabupaten/kota di Sumbar agar melakukan pen.


KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]