DPD LPM Payakumbuh Dorong LPM Berbasis Ekonomi


Selasa, 16 Agustus 2016 - 11:24:22 WIB

PAYAKUMBUH, HALUAN — Dewan Pim­pinan Daerah Lembaga Pem­berdayaan Masyarakat (LP­M) Kota Payakumbuh gelar rapat koordinasi, di aula SMKN 1 Payakumbuh, Senin (15/8). Duet ketua dan sek­retaris DPD LPM Paya­kum­buh ini, Ir. Ahmad Zipal dan  Jhon Rauda, punya obsesi,  ingin membawa LPM Paya­kumbuh terbang tinggi, men­jadi lembaga kemasyarakatan yang berbasis ekonomi.

Saat rakor tersebut dibuka Walikota Payakumbuh H. Riza Falepi, seluruh pengurus LPM dari 48 kelurahan dari lima kecamatan di Kota Paya­kumbuh, bagaikan terbakar semangatnya, untuk mem­bentuk sebuah wadah eko­nomi berbentuk koperasi. Selain itu, pengurs LPM kelurahan, bertekad ber­sinergisitas saling kuat me­ngu­atkan dalam perencanaan pembangunan, terutama bagi kelurahan bertetangga.

Kami akan dorong selu­ruh pengurus LPM di Paya­kumbuh, untuk membentuk koperasi. Kemudian, mening­katkan sinergisitas dalam membuat perencanaan pem­bangunan disetiap kelurahan, dalam rangka efesiensi dan efektifitas,” ucap Ahmad Zipal, anggota DPRD Paya­kumbuh ini.

Menurut Walikota Riza Falepi, sebut Ahmad Zipal,  penguatan lembaga kema­syarakatan sekaitan  dengan hak inisiatif DPRD dalam mengajukan ranperda lem­baga kemasyarakatan, mem­beri ruang bagi LPM untuk berinisiatif melakukan pe­nguatan kelembagaan.

Di antara yang tepat un­tuk itu, adalah dengan pem­bentukan koperasi yang di­bina langsung oleh LPM. Sebab, dengan koperasi yang kuat, banyak usaha yang dapat dilakukan untuk me­ningkatkan kesejahteraan warga setempat, katanya.

Karena itu,  tegas Ahmad Zipal dan sekretarisnya Jhon Rauda, ia akan mengajak seluruh LPM menjauhi sikap yang menghambat pro­dukti­fitas, saling menje­lek­kan, berantem dan sifat-sifat me­ngadu domba. Pengurus DPD LPM Payakumbuh, juga ikut lega, karena DPRD Paya­kumbuh sangat kuat untuk melahirkan Perda tentang penguatan kelembagaan ini, seperti disampaikan Ketua DPRD YB. Dt. Parmato Alam, saat member sambutan.(h/zkf)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]