247 CJH Payakumbuh Dilepas Walikota


Selasa, 16 Agustus 2016 - 11:28:56 WIB
247 CJH Payakumbuh Dilepas Walikota ROMBONGAN CJH Payakumbuh resmi dilepas Walikota Riza Falepi, dengan menyerahkan pataka atau bendera Payakumbuh kepada Ketua DPRD YB. Dt. Parmato Alam, yang akan memimpin rombongan haji. (ZUL)

PAYAKUMBUH, HALUAN — Ketua DPRD Payakumbuh YB. Dt. Par­mato Alam, akan memimpin langsung 247 Calon Jemaah Haji (CjH) Payakumbuh, selama menjalani Rukun Islam Kelima itu di Tanah Suci Mekkah dan Medinah, pada musim haji 1437 Hij­riyah ini. Sebagai pimpinan rombongan, Ketua DPRD Dt. Parmato Alam menerima bendera atau pataka berlam­bangkan Kota Payakumbuh dari Walikota H. Riza Falepi,  dalam acara melepas rom­bongan JCH tersebut, di Aula SMK Negeri 2 di Kelurahan Bulakan Balai Kandi,  Paya­kumbuh Barat,  Senin (15/8).

Saat melepas rombongan CjH itu, ikut hadir Wakil Walikota Payakumbuh H.­Suwandel Muchtar, Dandim 0306/50 Kota Letkol Inf. Hery Sumitro, Kapolresta Payakumbuh AKBP Kus­woto, Sekdako H.Benni War­lis, Asisten II Amriul Dt.­Karayiang,  Kepala Kantor Kemenag Kota Payakumbuh Asra Faber dan jajarannya, Ketua MUI H. Mismardi, BA, Ketua IPHI Rudi Mulia,  Guru Manasik dari KBIH, sejumlah Pimpinan SKPD, Pimpinan BUMN, BUMD, Kabag Kesra dan undangan lainnya.

Rombongan JCH Pa­ya­kum­buh tahun ini, sebut walikota, cukup beruntung dalam menunaikan ibadah haji, karena didampingi lang­sung ketua dewan perwakilan rakyat sendiri. Walikota op­timis, selama di Tanah Suci nanti, seluruh rombongan akan terayomi dan akan  lebih nyaman menunaikan seluruh rukun haji. “Mudah-mu­da­han, dengan keikhlasan se­luruh jemaah, sekembali dari Tanah Suci nanti, seluruh rombongan sehat, cukup atau lengkap kembali ke kampong halaman,” kata walikota saat member sambutan.

Walau begitu, kerjasama seluruh rombongan akan lebih menentukan dalam malaksanakan ibadah ini. Selain memelihara kondisi fisik dan kesehatan, walikota meminta semua rombongan untuk sama-sama senasib sepenanggungan. “Jangan ada perbedaan di antara kita. Semuanya berasal dari Paya­kumbuh, dari satu keluarga besar dengan tujuan yang sama, mendapatkan kere­dhaan Allah SWT,” ujar wali­kota.

Kepala Kantor Kemenag H. Asra Faber dalam lapo­rannya menyebut, musim haji 2016 ini, dari 247 JCH itu, terdiri dari 108 laki-laki dan 139 perempuan. Dari seluruh JCH Payakumbuh itu, tercatat  nama Delpina 24 tahun sebagai jamaah termuda dari Kelurahan Bulakan Balai Kandi Payakumbuh Barat dan jamaah Rosmaini 86 tahun, sebagai jemaah tertua,  dari Kaning Bukik Paya­kumbuh Utara.

Rombongan JCH Paya­kumbuh tergabung pada klo­ter 9 bersama CJH asal Ka­bupaten Lima Puluh Kota dan Padang. Sesuai jadwal, rom­bongan meninggalkan Paya­kumbuh Sabtu (20/8), me­nuju embarkasi  Padang. Selanjutnya, esok harinya terbang menuju Medinah, dari Banda Internasional Minangkabau.

Ketua DPRD YB.­Dt.Per­mato Alam saat didaulat memberikan sambutan se­kaligus mewakili jamaah, mengaku puas atas pelayanan yang diberikan baik dari Kemenag maupun Pemko hingga seluruh proses kegia­tan mulai dari manasik sejak Februari lalu hingga hari ini berjalan dengan baik untuk itu patut rasanya diberikan apresiasi dan terima kasih. (h/zkf)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]