KORUPSI RUKO LUBAS

Mantan Pejabat BPN Segera Disidang


Selasa, 16 Agustus 2016 - 11:30:26 WIB
Mantan Pejabat BPN Segera Disidang Ilustrasi.

AGAM, HALUAN—Tersangka tindak pidana korupsi Ruko Pasar Lama Lubuk Basung, akhirnya menjalani proses penuntutan setelah Kejaksaan Negeri Agam, menaikkan status kasus tersebut menjadi tahap dua, Senin (15/8).

Kejaksaan akan melim­pahkan berkas penuntutan kepada Pengadilan Tipikor dalam waktu dekat.

Kepala Kejasaan Negeri Agam, Setyo Pranoto me­ngatakan, dalam kasus tindak pidana korupsi Ruko Pasar Lama Lubuk Basung, Kejak­saan Negeri Agam mene­tapkan dua orang tersangka, mantan pejabat Kantor Ba­dan Pertanahan (BPN) Ka­bupaten Agam. Penetapan tersangka telah dilakukan mulai tanggal 18 Juli. Mereka saat ini dititipkan di LP Kelas II B Padang Langsano, Lu­buk Basung.

Ia menjelaskan proses terus berlanjut, sekarang sudah penetapan tahap dua, yaitu proses penuntutan. Dua tersangka tersebut berinisial YN berusia 60 tahun. Yang bersangkutan merupakan Mantan Kasi Pengukuran dan Pendataran tanah, BPN Ka­bupaten Agam, tahun 1999 sampai 2004.

Kemudian tersangka ke­dua berinisial adalah, KD berusia (63) mantan Kasubsi Pendaftaran Tanah, BPN Kabupaten Agam tahun 1996 sampai 2004. Berdasarkan perhitungan Inspektorat Ka­bupaten Agam, kerugian negara pada kasus ini men­capai Rp1,2 Miliar. “Pe­nahanan sudah dilakukan sejak keduanya ditetapkan, dalam waktu dekat akan disidangkan,” katanya.

Dikatakan Setyo, sekait dengan adanya tersangka lain, tidak menutup kemungkinan. Kejaksaan nantinya akan mempelajari serta melakukan pengembangan melalui fakta persidangan. “Kita lihat saja nanti apakah ada lagi ter­sangka lain, yang tersangkut tindak pidana korupsi ini,” jelasnya.

Menurut Setyo, dalam kasus Korupsi Ruko ter­sangka telah menerbitkan sertifikat hak guna bangunan, tidak sesuai dengan per­undang-undangan dalam jum­lah puluhan petak. Akibat tindakan tersebut negara dirugikan miliaran rupiah. Penerbitan sertifikat berl­angsung dalam rentang waktu 1999 sampai 2002. Sudah cukup alat bukti untuk men­jerat kedua tersangka. (h/yat)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]