176 JCH Pasbar Diberangkatkan


Selasa, 16 Agustus 2016 - 11:39:15 WIB
176 JCH Pasbar Diberangkatkan BUPATI Pasaman Barat H. Syahiran foto bersama pada pelepasan CJH Pasbar di Balerong Anak Nagari. (GUSMIZAR)

PASBAR, HALUAN — Seba­nyak 176 Jemaah Calon Haji, (JCH) Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) dilepas Bupati Pasaman Barat H. Sya­hiran, di balerang Pusako Anak Na­­gari Pasaman Barat, Senin (15/08).

176 CHJ itu terdiri dari K­ecamatan Sungai beremas 9 orang, Kecamatan Lembah m­e­lintang 21 orang,Kecamatan Pasaman 55 orang,Kecamatan Talamau 3 orang dan Kecamatan Kinali 27 orang.

Sementara itu, Kecatan Gu­nung Tuleh 6, Kecamatan Ranah Batahan 12 orang, Kecamatan Ranah Pesisie 3 orang, Keamatan Sungai Aur 9 orang, Kecamatan Koto Balingka 5 orang se­dang­kan Kecamatan Luhak Nan Duo 26 orang.

Dijadwalkan Selasa, (16/08) JCH itu akan diberangkatkan ke Asrama Haji Tabing Padang. Ketua DPRD Pasbar Daliyus K, Sekda Yasri Uripsyah, Ketua Panitia Kemenag Ronaldi, hadir juga saat melepas jemaah haji Pasbar ter­sebut.“Kalau dulu pergi berhaji memang perjalanan panjang yang melelahkan, tetapi sekarang, berhaji perjalanan mengasyikkan. Jaga kekompakan rombongan, jangan bertengkar dan berkelahi. Suami- istri jangan bertengkar, nanti hilang dan terpisah dari rombongan, jangan takabur, dan sombong, serta sabar, sehingga mendapat haji yang mabrur,” ujar Bupati Pa­saman Barat H. Syahiran mem­berikan tips agar lancar dalam melaksanakan ibadah haji.

Syahiran juga menekankan kepada JCH agar menjaga kese­hatan, kekhusukan selama me­lak­­sanakan ibadah haji, sehingga semua rukun dilaksanakan de­ngan baik dan memperoleh haji mabrur dalam melaksanakan rukun Islam ke lima.“Rukun haji jangan sampai tertinggal, karena kewajiban berhaji sekali seumur hidup. Jangan bicara yang ma­cam-macam di Makkah, lak­sanakan ibadah dengan khusus, jangan pikirkan harta sawah ladang, kebun sawit, anak di rumah. Biar kami yang me­mikirkan disini,” imbuh Syahiran memberi nasehat.

Syahiran juga menceritakan pengalaman pribadinya dalam me­laksanakan ibadah haji, bahwa tidak boleh macam-macam, taka­bur di tanah suci, karena akan diper­lihatkan mukjizat tanah suci oleh Allah SWT. “Kalau kita takabur tak terlihat pintu jalan keluar kita mau pu­lang,” sebut Syahiran memberi contoh.

Hal senada juga dis­ampaikan, Dali­yus K agar JCH Pa­sa­man Barat menjaga kesehatan dan ke­khu­su’kan dalam be­r­ibadah. Sehingga selamat pulang-pergi dalam me­laksanakan ibadah. Yang ter­pen­ting sepulang berhaji terjadi perubahan ke arah yang lebih baik, sebagai pertanda haji ma­brur.

Kepala Kantor Ke­­­menag Pas­a­man Barat, Marjanis me­nyebutkan, tahun ini calon jemaah haji Pasbar berjumlah 172 orang. Jumlah itu naik dari tahun lalu 161 jemaah. Lima orang diantaranya memang ada jemaah lansia yang perlu per­hatian serius dan dipantau kese­hat­an­nya.

Disebutkan, d­i­jad­walkan JCH Pas­bar masuk kloter 6, gelombang satu yang akan berangkat ke Pad­ang pada 16 Agustus 2016, dan 17 Agustus menuju Madinah. Saat ini soal makan JCH, ka­ta Marjanis, jemaah akan diberikan makan gratis, sehingga kecil kemungkinan jemaah untuk memasak, se­hingga akan mengurangi banyaknya barang bawaan.

Soal transportasi JCH Pas­bar- Padang, yang sering di­keluhkan jemaah pada tahun-tahun sebelumnya, imbuh Mar­janis, memang ditanggung pri­badi, sedangkan yang d­i­tangguh pemerintah hanya penginapan di asrama haji Padang. Sebutnya.

Dia menghimbau jemaah agar menjaga kesehatan, se­hingga akan aman melaksanakan ibadah selama 40 hari. Hati-hati terhadap barang bawaan, dan ansipasi menghadapi cuaca panas atau dingin dengan persediaan obat-obatan. (h/mg-idn/gmz)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 07 November 2019 - 15:32:21 WIB

    176 SR Air Bersih di Kota Pariaman Tuntas Dikerjakan

    176 SR Air Bersih di Kota Pariaman Tuntas Dikerjakan PARIAMAN,HARIANHALUAN.COM - 176 Sambungan Rumah (SR) dari DAK tahun 2019, untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) di Kota Pariaman sudah selesai dipasang oleh petugas UPT Pengelola Air Bersih Kota Pariaman sejak akhir Ok.
  • Jumat, 22 Februari 2019 - 17:03:57 WIB

    176 TPS di Sumbar Sangat Rawan

    176 TPS di Sumbar Sangat Rawan PADANG, HARIANHALUAN.COM—Polda Sumatera Barat (Sumbar) merilis catatan bahwa setidaknya terdapat 176 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang termasuk dalam terkategori sangat rawan dari total 16.702 TPS yang akan digunakan di Su.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]