Satu JCH Kloter 5 Batal Berangkat


Selasa, 16 Agustus 2016 - 11:48:58 WIB

PADANG, HALUAN — Kloter 5 yang membawa Jamaah Calon Haji (JCH) dari Bengkulu dan Sumbar, akhirnya berangkat dengan pesawat Garuda Indo­nesia GA 3305 dari Bandara Internasional Minang­kabau (BIM) Kabupaten Padang Paria­man, Senin (15/8) sekitar pukul 06.45 WIB.

Namun dari 451 JCH dan petugas pendamping, satu orang batal ber­angkat atas nama Sira­judin Serenai umur 74 tahun manifest 270 asal Kabupaten Bengkulu Utara. Siraju­din batal berangkat karena dalam kon­disi sakit. “Yang berangkat jadi 450 orang, karena ada satu jamaah yang batal karena sakit,” terang Kabag Humas Kanwil Kemenag Sumbar, Irwan.

Sementara untuk persiapan visa seluruh Jamaah Calon Haji (JCH) Kementerian Agama me­mastikan seluruh jemaah yang berhak dan memenuhi syarat, akan diber­ang­katkan ke Tanah Suci untuk menunaikan ibadah haji.

Dalam rilis yang diterima Ha­luan, Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kementerian Agama, Abdul Djamil me­negas­kan, visa jemaah haji gelom­bang pertama telah selesai 100 persen untuk pemberangkatan 9-21 Agustus 2016.

Menurut Djamil, jika ada open seat atau bangku kosong pener­bangan, sebenarnya tidak semata-mata terkait masalah visa. Namun hal itu karena faktor non teknis lainnya, sehingga jemaah tertunda ke­be­rang­katannya. Untuk pengu­rusan visa, dilakukan bertahap sesuai urutan kloter. “Ada juga karena sa­kit se­hing­ga ditunda ke­­be­rang­ka­tan­nya, atau wafat. Ada juga je­maah yang belum vaksin atau alasan lainnya,” kata Djamil.

“Pengurusan visa me­ngi­kuti tahapan itu, mereka yang telah selesai pelunasan tahapan pertama, tentu masuk pe­ngu­rusan visa di gelombang per­tama sesuai urutan kloternya. Berarti, jamaah kami harapkan akan berangkat sesuai dengan urutan kloter dan sesuai de­ngan selesainya visa,” terang Djamil menambahkan.

Terkait kejadian di se­juml­ah daerah yang diinformasi­kan ada jemaah haji ya­ng visa­nya belum selesai jelang kebe­rang­katan, Djamil menjelaskan, mereka adalah jemaah yang seharusnya diberangkatkan pada gelombang kedua yang baru akan dimulai pada 22 Agustus men­datang.

Ditandaskan Djamil, Ke­men­terian Agama terus meng­genjot penyelesaian visa pem­berang­katan jemaah gelom­bang dua yang akan berangkat mulai tanggal 22 Agustus hing­ga 4 September 2016 men­datang. (h/rvo)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]