PENGABDIAN MASYARAKAT TERPENCIL

Program IDI Sumbar Diadopsi Pusat


Selasa, 16 Agustus 2016 - 11:49:41 WIB

PADANG, HALUAN – Ika­tan Dokter Indonesia (IDI) Wilyah Sumbar akan me­ngembangkan beberapa pro­gram kesehatan di Sum­bar yaitu bidang publikasi kepada masyarakat dan bi­dang pengabdian masyarakat terpencil. Khusus untuk bidang pengabdian mas­yarakat terpencil baru di­adopsi oleh IDI Pusat.

Ketua IDI Wilayah Sum­bar, dr. Pom Harry Satria SpOg-K, mengatakan bidang pengabdian masyarakat ter­pencil saat ini dijadikan model kegiatan oleh PB IDI pusat.  “Kami juga telah melakukan penan­datanga­nan kesepahaman dengan Bupati Mentawai,”terangnya Sabtu  (14/8) malam di salah satu restoran di Padang saat acara silaturahmi dengan Ketua PWI Sumatera Barat dan pimpinan media.

Di daerah tersebut lanjut dr. Pom, tidak ada dokter kebidanan, dokter penyakit dalam tidak ada yang menetap. Sedangkan pulau satu dengan pulau lain untuk menjangkaunya perlu waktu seharian.”Apabila di hitung secara logisnya harus tiga rumah sakit berdiri di Ke­pulauan Mentawai. Dan hal ini mendapatkan dukungan dari para dokter senior yang ada di Sumatera Barat dan hal ini sangat membesarkan hati kami,”tukasnya di­hadapan Sekretaris IDI Sumbar dr. Harefa SpPD, dr. Jacky Munilson Sp. THT, Bendahara dr. Boy I Syahrial SpB. dr Harefa yang baru saja dilantik pada tanggal 4 Juni 2016 di Hotel Mercure oleh ketua PB IDI pusat Prof. dr. Ilham Oetama Marsis SpOG.

Dilanjutkan Pom, saat ini anggota IDI Sumbar ber­jumlah 1.400 anggota dan sebagian besar adalah dok­ter umum. Ia juga berharap dengan komunikasi antara PWI dan IDI akan lebih nya­man untuk berkomunikasi kedepannya.

“Perlunya membangun sinergitas antara IDI wilayah Sumatera Barat bersama media-media yang ada di Sumatera Barat untuk me­nyampaikan edukasi kepada masyarakat bagaimana mena­namkan pola hidup sehat serta peduli kesehatan di­mulai dari lingkungan keluarga kita,”ungkapnya.

Sementara arah program ke­giatan IDI Wilayah Sum­bar juga diarahkan kepada penguatan-penguatan pro­gram kesehatan masyarakat dan dibentuk komite-komite seperti kesehatan ibu, ma­salah nafta darurat narkoba, masalah kesehatan repro­duksi, dan LGBT. “Secara ilmiah dan yang  duduk di komite tersebut termasuk para senior dan mereka sa­ngat bersemangat dan bekerja sama dengan kepala-kepala dinas untuk merea­lisasikannya kepada masyarakat,”ujarnya.

Ketua PWI Sumatera Ba­rat, Basril Basyar me­nyampaikan apresiasi kepada IDI Wilayah Sumbar terkait dengan program kese­hatan yang dicanangkan IDI Sumbar.

Ia juga sangat berte­rima kasih telah mengun­dang rekan-rekan media untuk bisa hadir dalam per­te­muan silaturahmi tersebut. “Semoga pertemuan silatu­rahim ini menjadi momen­tum yang baik bersama-sama antara PWI dan IDI untuk mendorong kepedu­lian akan pentingnya kese­ha­tan bagi masyara­kat,”terangnya. (h/isr/ari)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]