Terima Remisi, Lima Napi Langsung Bebas


Kamis, 18 Agustus 2016 - 03:00:16 WIB
Terima Remisi, Lima Napi Langsung Bebas Bupati Pasaman Barat, Syahiran saat membacakan SK Menteri Hukum dan HAM RI terkait remisi lima warga dibanaan di Rutan Talu, Rabu (17/8). (IDEN)

PASBAR, HALUAN — Sebanyak 52 orang warga binaan di Rumah Tahanan (Rutan) Talu menerima remisi pengurangan hukuman. Hal ini rutin dilakukan setiap peringatan hari besar termasuk peringatan HUT RI.

“Selamat kepada 52 orang warga binaan yang mendapat remisi,” sebut Bu­pati Syahiran saat memba­cakan SK Menteri Hukum dan saat upacara Remisi di Rumah Tahana (Rutan) Talu, Kenagarian Talu, Kecamatan Talamau, Rabu (17/8).

Senada dengan itu, Ke­pala Rutan Talu, Npfrizal menyebut, lima orang dian­taranya langsung bebas ka­rena dengan remisi yang diperoleh bertepatan dengan akan berakhirnya masa taha­nan mereka. “Lima orang tersebut merupakan kasus pencurian empat orang dan satu orang kasus penga­nia­yaan,” ungkapnya.

Menurut Nofrizal, bagi warga binaan yang bebas setelah mem­peroleh remisi karena telah menjalani masa tahanan minimum enam bu­lan atau di atas satu tahun, dan memiliki kelakukan baik selama menjalani masa pena­hanan.

“Setelah dibebaskan lima orang ini, maka jumlah warga binaan saat ini menjadi 144 orang,”  katanya.

Ia menjelaskan, saat ini ka­pasitas tampung tahanan di Rutan Talu sudah melebihi kapasitas bagi penghuninya, sehingga pembinaan terhadap narapidana kurang ber­jalan maksimal.

“Daya tampung rutan ini ha­nya 48 orang saja. Saat ini kondisi rutan sudah melebihi kapasitan,” ujarnya.

Akibat padatnya peng­huni Rutan Talu, pihaknya terpaksa menyiasati agar setiap narapidana dapat ka­mar. “Kami membuat tempat tidur para narapidana dengan tiga tingkat sehingga nara­pidana dapat tempat,” tutur­nya

Ditambahkannya, dengan k­apasitas yang padat tersebut maka pembinaan yang dila­kukan tidak maksimal karena lahan yang dija­dikan sangat sempit. “Para Na­rapidana juga merasa tidak nyaman karena kondisi yang tidak layak,” pungkasnya. (h/idn/hel)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 25 Agustus 2020 - 18:38:44 WIB

    Ribuan Siswa di Pasaman Terima Bantuan Beasiswa Baznas

    Ribuan Siswa di Pasaman Terima Bantuan Beasiswa Baznas HARIANHALUAN.COM - Sebanyak 1.845 siswa SD/SMP sederajat di Kabupaten Pasaman terima bantuan beasiswa dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Pasaman. Total bantuan yang disalurkan berjumlah Rp922,5 juta..
  • Selasa, 18 Agustus 2020 - 15:13:52 WIB

    Program Kependudukan Sukses, Genius Umar Terima Penghargaan MKK

    Program Kependudukan Sukses, Genius Umar Terima Penghargaan MKK HARIANHALUAN.COM - Wali Kota Pariaman Genius Umar menerima penghargaan Manggala Karya Kencana (MKK) tahun 2020 dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Sumbar..
  • Senin, 17 Agustus 2020 - 17:28:24 WIB

    35 Narapidana di Rutan Kelas II B Painan Terima Remisi

    HARIANHALUAN.COM - Sebanyak 35 orang narapidana di Rumah tahanan (Rutan) Kelas II B Painan Pesisir Selatan, menerima remisi dari pemerintah dalam rangka kemerdekaan RI ke-75, Senin (17/8)..
  • Senin, 17 Agustus 2020 - 14:21:53 WIB

    80 Warga Binaan Lapas Klas III Dharmasraya Terima Remisi Hari Kemerdekaan

    80 Warga Binaan Lapas Klas III Dharmasraya Terima Remisi Hari Kemerdekaan HARIANHALUAN.COM - Sebanyak 80 orang warga binaan pada Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas III Dharmasraya, Sumatera Barat, mendapatkan remisi umum hari  Kemerdekaan Republik Indonesia, 17 Agustus 2020..
  • Jumat, 07 Agustus 2020 - 16:25:56 WIB

    109 Rohaniawan di Mentawai Bakal Terima Bansos Tunai 

    109 Rohaniawan di Mentawai Bakal Terima Bansos Tunai  HARIANHALUAN -- Sedikitnya 109 orang Rohaniawan yang tersebar di Kabupaten Kepulauan Mentawai bakal mendapatkan bantuan sosial tunai dari Pemerintah setempat, karena Pemerintah menilai Rohaniawan juga merasakan dampak ekonomi.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]