Ketua IKLB Mufidah JK: Songket Tanah Datar Bernilai Ekonomis Tinggi


Kamis, 18 Agustus 2016 - 03:05:11 WIB

BATUSANGKAR, HALUAN — Tokoh pe­rantau Ikatan Keluarga Lintau Buo (IKLB)  Jabodetabek Ny.Mufidah Jusuf Kalla meng­inginkan semua lapisan warganya yang ber­mukim di kampung halaman mampu merubah taraf ekonominya menjadi lebih sejahtera.

Hal tersebut dikemu­ka­kan Ny.Mufidah Jusuf Kalla saat menghadiri acara halal bi halan perantau IKLB yang dihadiri langsung Bupati Tanah Datar, H.Irdinansyah Tarmizi dan Wakil Bupati Zuldafri Darma.

Mufidah menuturkan, salah satu cara meningkatkan taraf ekonomi masyarakat yaitu melalui membuka lapa­ngan usaha bagi masyarakat. Potensi ekonomi yang bisa dikembangkan salah satunya adalah pengembangan ke­rajinan tenun songket.

“Sejak dahulunya kita sudah punya songket-songket yang bagus, saya minta Ibu Atitje untuk membenahinya agar bisa menjadi mata pen­caharian masyarakat se­tem­pat, termasuk mem­perke­nalkan kepada generasi muda terhadap kekayaan buda­yanya,” tutur Ibu Mufidah.

Bupati Irdinansyah Tar­mizi sebelumnya menyam­paikan dalam sambutannya ucapan terima kasih atas bimbingan Ibu Mufidah Jusuf Kalla untuk kemajuan Ka­bupaten Tanah Datar. “Ba­nyak hal yang telah Ibu laku­kan untuk memajukan Tanah Datar, terutama mendorong tumbuhnya perekonomian masyarakat, Ibu mengi­ngin­kan masyarakat mempunyai tambahan penghasilan untuk menyokong ekonomi kelu­arga,” ucap Bupati Irdinan­syah.

Kerajinan songket Lintau Buo, tepatnya di Jorong Tan­juang Modang dan Pamusian Nagari Tanjung Bonai, Ke­camatan Lintau Buo Utara merupakan 2 lokasi yang saat ini dibina oleh Ibu Puan Puti Reno Sativa Sutan Aswar di bawah arahan Ibu Mufidah Jusuf Kalla.

Ibu Puan Puti yang akrab dipanggil Atitje, instruktur Dekranas Pusat langsung sebagai pemateri pada bimtek design fashion tenun songket beberapa waktu lalu di Tan­jung Modang, dengan tujuan memberi pembekalan kepada pengrajin bagaimana meng­hasilkan tenun yang disukai masyarakat dengan harga terjangkau dan nyaman dipa­kai.

Di kesempatan itu, bupati menyampaikan rencana pro­sesi naik rumah gadang Ista­no Basa Pagaruyung pada tanggal 5 atau 6 September 2016. “Kita akan melak­sanakan prosesi naik rumah gadang Istano Basa Paga­ruyung dengan makan bajam­ba, Bapak Wakil Presiden Muhammad Jusuf Kalla su­dah berkenan untuk hadir di acara tersebut,” kata Bupati Irdinansyah yang juga dibe­narkan Ibu Mufidah Jusuf Kalla. (h/emz)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]