Walikota Pimpin Upacara Detik-detik Proklamasi


Kamis, 18 Agustus 2016 - 03:12:01 WIB

BUKITTINGGI, HALUAN — Walikota Bu­kittinggi Ramlan Nurmatias bertindak se­bagai inspektur upacara pada peringatan De­tik-detik Proklamasi dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik In­donesia ke 71, yang berlangsung di Lapa­ngan Wirabraja Bukittinggi, Rabu (17/8).

Upacara peringatan Detik-detik Pro­klamasi Kemerderkaan ini dimulai tepat pukul 10.00 WIB yang ditandai dengan bunyi sirene dan kelakson kendaran ber­motor di sekitaran lokasi upacara.

Untuk pengibaran bendera pusaka Me­rah Putih dilakukan oleh Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kota Bukit­tinggi tahun 2016. Adapun  petugas pem­bawa baki bendera adalah Dina Triana Sari yang merupakan siswi SMA Negeri 5 Bu­kit­tinggi.

Upacara yang berlangsung dengan khid­mat tersebut, dilanjutkan dengan pem­ba­caan teks Proklamasi yang dibacakan oleh Ketua DPRD Bukittinggi , Beny Yusrial. Upa­cara diikuti oleh peserta yang berasal da­ri unsur TNI, Polri, PNS, siswa dan maha­sis­wa.

Hadir sebagai undangan dalam upacara ini para Forkopimda Kota Bukittinggi, anggota DPRD, SKPD, BUMD, Veteran, tokoh masyarakat, Guru, dan keluarga Paskibraka. Dan di luar lapangan masya­rakat juga terlihat antusias menyaksikan rangkaian kegiatan pada upacara yang bertujuan untuk mengenang jasa pahlawan dalam meperjuangkan kemerdekaan RI.

Upacara Peringatan Detik-Detik Pro­klamasi Kemerdekaan RI merupakan bagian dari rangkaian kegiatan peringatan HUT ke-71 Kemerdekaan Republik Indonesia di Kota Bukittinggi yang berlangsung sejak tanggal 16-18 Agustus 2016.

Pada tanggal 16 Agustus diseleng­garakan pengukuhan Paskibraka di Audito­ri­um Perpustakaan Bung Hatta Gulai Ban­cah dan malam harinya diseleng­ga­ra­kan  apel penghormatan dan renungan ma­lam di Taman Makam Pahlawan Kusuma Bhak­ti.

Kemudian tanggal 17 Agustus dilaksa­na­kan upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI dan diakhiri drama kolosal perjuangan yang dibawakan siswa/i SMA/SMK/ MA se Kota Bukittinggi di bawah binaan Kodim 0304 Agam.

Sebelum upacara penurunan bendera yang digelar pada pukul 17.00 WIB, masya­rakat juga dihibur dengan pertunjukan marchingband. Upacara penurunan bendera dipimpin oleh Wakil Walikota H. Irwandi, SH. Dan pada malam harinya digelar malam resepsi di pelataran Jam Gadang. Kemudian keesokan harinya tanggal 18 Agustus, juga akan diselenggarakan pawai alegoris peringatan HUT Kemerdekaan RI. (h/tot)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]