KPRI Kantor Gubernur Sumbar Makin Diminati


Kamis, 18 Agustus 2016 - 03:26:00 WIB

PADANG, HALUAN — Koperasi Pegawai RI Unit Korpri Kantor Gubernur Sumatera Barat (KPRI-UKG­­SB) mengundi hadiah yang diberikan kepada ang­gota koperasi itu di guber­nuran, Jumat (12/8). Widyan Ningrum, Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Bapedalda Sumbar  memperoleh hadiah utama berupa satu unit sepe­da motor (Honda Beat).

Selain sepeda motor, ko­pe­rasi tersebut juga me­nyediakan bermacam hadiah manarik lainnya, antara lain sepeda elektrik, laptop, AC Sharp 0,5 PK, pesawat tele­visi, kulkas, mesin cuci, dan sepeda gunung. Total hadiah bernilai Rp55 juta. Hadiah diserahkan secara simbolis setelah upacara penurunan bendera merah putih di ha­laman kantor Gubernur Sum­bar, Selasa (17/8).

Ketua  KPRI-UKGSB, Ell Yawardi menjelaskan,  pe­serta undian adalah ang­gota yang mempunyai simpa­nan su­karela minimal Rp2 juta se­lama setahun, periode Mei ta­hun berjalan sampai dengan Mei tahun berikut­nya. Selem­bar undian nilai­nya Rp2 juta, berlaku kelipa­tannya hingga bulan Mei berikutnya.

“Yang ikut undian terca­tat sebanyak 441 orang ang­gota dengan total simpanan sukarela sebesar Rp2,9 mi­liar,” ujar Ell Yawardi.

Ia menuturkan, simpanan sukarela ternyata makin dimi­nati anggota, meski tanpa bunga. Buktinya, simpanan koperasi itu meningkat setiap tahun. Hingga Juli 2016, total simpanan sukarela sudah mencapai Rp6,4 miliar.

“Yang diberi bunga ada­lah Tabungan Anggota Kope­ra­si Berjangka (TAKB). Bagi ang­gota yang menyimpan uang­nya di koperasi diberi ja­sa sebesar 7,2 persen per ta­hun. TAKB yang dilun­curkan oleh Wakil Gubernur Muslim Kasim di aula kantor guber­nur pada 14 Juli 2008, hingga kini tetap diminati anggota. Kalau deposito di bank dike­na­kan pajak, kalau TAKB ti­dak dipungut pajak. Jadi, dari ang­gota untuk anggota. Hing­ga Juli 2016, pesertanya ter­ca­tat sebanyak 34 orang de­ngan total tabu­ngan sebesar Rp1,2 miliar,” tuturnya.

Simpanan sukarela dan ta­bungan berjangka, kata Ell Ya­wardi, sangat membantu pe­nguatan modal koperasi. Se­makin banyak anggota yang berpartisipasi tentu saja akan memberikan dampak yang sangat baik bagi ko­pe­ra­si dan begitu pula bagi ang­go­ta sendiri. Koperasi, me­mang dari anggota untuk ang­gota. “Kesadaran itulah yang senantiasa kami gelo­ra­kan,” ucapnya.

Selain itu, juga diperkuat dari simpanan pokok anggota Rp100.000 dan simpanan wa­jib Rp150.000 (golongan IV), golongan III Rp100.000, go­longan II Rp40.000, dan go­longan I Rp30.000 per bu­lan. Jumlah anggota akhir 2015 sebanyak 2.854 orang, ki­ni telah mencapai 2.901 orang.

Meski demikian, tambah Ell, koperasi tersebut masih me­ngandalkan dana luar. Da­na itu mencapai Rp16,1 mi­liar, lebih besar daripada mo­dal sendiri yang sebesar Rp­9,6 miliar. Koperasi terse­but te­lah mampu mem­be­ri­kan pin­jaman kepada anggota mak­simal Rp150 juta dengan bu­nga 10 persen per tahun, di­lunasi dalam jangka waktu 10 tahun. Sebelumnya, pada 2015 hanya Rp100 juta, bu­nga 10 persen dengan jangka wak­tu pelu­nasan enam tahun. (h/rb)





Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 07 April 2016 - 02:58:42 WIB

    KPRI Kogussel Kab. Solok Paantok Tangih Anggota

    KPRI Kogussel Kab. Solok Paantok Tangih Anggota SOLOK, HALUAN — Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI) Kogussel adalah salah satu koperasi terbaik di Kabupaten Solok. Koperasi yang berkantor di Jl. Raya Koto Baru, Kecamatan Kubung ini, mempunyai anggota 451 orang hin.
  • Kamis, 31 Maret 2016 - 04:03:21 WIB
    Selama 2015

    KPRI Kemenag Kota Solok Salurkan Pinjaman Rp2 M

    KOTA SOLOK, HALUAN — Kepercayaan anggota ter­ha­dap pengurus dan kepiawaian pengurus mengelola usaha dan administrasi sangat me­nen­tukan kemajuan koperasi. Hal inilah yang dibuktikan oleh Koperasi Pegawai Repu­blik In.
  • Kamis, 10 Maret 2016 - 04:19:01 WIB
    Dimekarkan Jadi Dua Koperasi

    KPRI Terjamin dan KPRI Mitra Sejahtera Maju Bersama

    DHARMASRAYA, HALUAN — Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI) Terjamin Sitiung, Kecamatan Sitiung, Dharmasraya yang dibentuk tahun 2003, terus maju dan menjadi salah satu koperasi terbaik di kabupaten itu. .
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM