SEKANDANG SAPI LENYAP

Pencurian Ternak Marak di Solsel


Kamis, 18 Agustus 2016 - 03:48:47 WIB
Pencurian Ternak Marak di Solsel WILMAN Henedi, (54) warga Jorong Sungai Aro Aia Tajun, Nagari Pakan Rabaa, Kecamatan KPGD, Solsel, Rabu, (17/8), tercenung melihat kandang sapinya yang sudah kosong melompong digasak maling. (JEFLI)

SOLSEL, HALUAN — Pencurian ternak ma­rak terjadi di Solsel. Bahkan, pembakaran satu unit mobil colt diesel oleh warga pada Ma­ret lalu di Kecamatan Pauh Duo yang di­duga melakukan pencurian ternak tidak mem­buat jera. Maling ternak malah menjadi-jadi.

Tiga ekor Sapi jenis Si­mental lenyap dalam kan­dang milik Wilman Henedi, (54) warga Jorong Sungai Aro Aia Tajun, Nagari Pakan Rabaa, Kecamatan KPGD, Solsel. Menurut Wilman, ia berprofesi sebagai peternak Sapi semenjak kecil yang mewarisi kepandaian orang­tuanya. Ketika tiga ekor Sapi jenis Simental miliknya hi­lang dalam kandang yang berjarak satu kilometer dari rumahnya, tidak ada firasat buruk yang menghampirinya. “ Pada Jumat malam, (12/8) hingga pukul 00.00 WIB saya masih dikandang, kemudian pulang sebentar tapi karena kelelahan akhirnya tertidur pulas hingga pagi sehingga tidak balik lagi ke kan­dang,” katanya.

Padahal biasanya, kan­dang Sapi miliknya tidak pernah tidak ditunggui atau di­jaga. “Naas memang ma­lam kejadian, dalam se­ma­lam, kendati tak ada transaksi jual beli ternak saya laku juga,”keluhnya. Ia me­nge­tahui ternak hilang pada pagi Sabtu, (13/8), saat hendak memberi makan ternak. “Sa­ya terhenyak ketika melihat pintu kandang dicongkel dan rantai pengaman ikut putus. Alhasil, ketiga Sapi lenyap dan langsung lapor pihak Polsek KPGD,”tambahnya.

Dari tiga ekor Sapi yang hilang tersebut masing-ma­sing berusia, 7,5 tahun, 2,5 tahun dan 9 bulan. Kerugian berkisar Rp.47 juta, katanya. “Hampir sepekan semenjak kejadian belum ada titik terang dite­mukan pelakunya,” katanya.

Sementara Kapolsek KPGD, AKP Henwel me­nyebutkan telah melakukan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) dan mengumpulkan keterangan saksi. “Sudah kita pro­ses dan menunggu pe­ny­e­li­dikan selanjutnya,”katanya. Ia menyebutkan, semenjak be­r­tugas sebagai Kapolsek pada Sep­tember 2015 lalu hingga saat ini baru dua kali laporan pencurian ternak yang ma­suk. ”Disamping melakukan Patroli, kita juga telah mengimbau masyarakat melalui pe­ngu­muman ditempat keramaian untuk selalu waspada Sehingga kerugian hilangnya ternak akibat kelalaian bisa di­mi­nimalisir. Dan hendaknya lo­kasi ternak tidak jauh dari rumah pemilik,” tutupnya. (h/jef)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 28 Juni 2020 - 13:54:39 WIB

    Polisi Ungkap Peran Masing-masing Tiga Pelaku Pencurian Spesialis Elektronik

    Polisi Ungkap Peran Masing-masing Tiga Pelaku Pencurian Spesialis Elektronik HARIANHALUAN.COM - Unit Opsnal Polsek Pauh, Kecamatan Pauh, Kota Padang beberkan peran masing-masing tiga pelaku yakni Roma Rio (20), Nofrizo (33) dan Yudi Anggere (25) yang ditangkap pada lokasi yang berbeda..
  • Senin, 15 Mei 2017 - 02:21:15 WIB

    Aksi Pencurian Mulai Marak di Pasaman

    PASAMAN, HALUAN - Warga Padanggelugur, Kabupaten Pasaman kini dibuat resah. Itu menyusul maraknya aksi pencurian yang menyasar sejumlah rumah warga Muarabangun, Jorong Selamat Utara, Nagari Sitombol akhir-akhir ini. .
  • Kamis, 28 Juli 2016 - 16:20:51 WIB

    Terkait Pencurian Uang Nasabah, BRI Cabang Lubuk Sikaping Lakukan Koordinasi dengan Penyidik

    Terkait Pencurian Uang Nasabah, BRI Cabang Lubuk Sikaping Lakukan Koordinasi dengan Penyidik PASAMAN, HALUAN-- Terkait hilangnya uang milik salah seorang nasabah BRI Cabang Lubuk Sikaping yang disimpan di dalam jok sepeda motor dan terparkir di halaman kantor BRI, pimpinan BRI Lubuksikaping, Akhmad Aldi angkat bicara.
  • Senin, 13 Juni 2016 - 18:21:34 WIB

    Pelaku Pencurian di Sijunjung Babak Belur Dihajar Massa

    Pelaku Pencurian di Sijunjung Babak Belur Dihajar Massa SIJUNJUNG,HALUAN—Seorang ibu rumah tangga, Nurbiah (60) warga Jorong koto Tangah Nagari Pematang Panjang Kecamatan Sijunjung terpaksa melakukan perlawanan terhadap pelaku penjambretan yang akan mencuri paksa kalung emas y.
  • Rabu, 11 Mei 2016 - 15:14:28 WIB

    Sumbar Aman dari Pencurian Ikan

    Sumbar Aman dari Pencurian Ikan PADANG, HALUAN - Kasus illegal fishing (pencurian ikan) di perairan Sumbar hanya dilakukan oleh kapal-kapal nelayan dari dalam negeri, antara lain oleh kapal-kapal nelayan dari Sibolga. Sementara pelaku illegal fishing oleh.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]