DARI ARENA JAMNAS KE-10

Muslim Kasim Bezuk Ramadanus


Kamis, 18 Agustus 2016 - 03:52:21 WIB
Muslim Kasim Bezuk Ramadanus KETUA Kwarda Sumbar Muslim Kasim beserta rombongan ketika membezuk Ramadanus di Rumah Sakit Polri Keramat Jati, Selasa (16/8).

JAKARTA, HALUAN — Meskipun sejumlah peserta kontingen Jambore Nasional (Jamnas) ke-10 Sumbar se­mpat berurusan dengan pe­tugas kesehatan.Namun ha­nya satu yang masih dirawat di Rumah Sakit Polri Kera­mat Jati Jakarta Timur. “Alh­am­dulillah secara kesu­luru­han kontingen pramuka Sum­bar masih dalam keadaan sehat wal afiat.

Kita berdoa kepada Allah agar sampai kegiatan berakhir dan kem­bali lagi ke Sumbar kontingen kita selalu dalam keadaan sehat,” kata petugas ke­se­hatan kontingen Sumbar dr. Pudia M. Indika, M.Kes kepada “Haluan” saat me­ngun­jungi seorang peserta yang dirawat di Rumah Sakit Polri Keramat Jati, Selasa (16/8).

Rombongan yang ber­kunjung tersebut, Ketua Kw­a­r­da Sumbar, Muslim Kasim, Sekretaris, Andri Yusran, Wakil Ketua, Nizwardi Azka, Bendahara Amrel Amir, Wakil Bendahara, Afrizal Mukhtar, Wakil Sekretaris, Nirwandi sejumlah andalan dan staf Kwarda Sumbar.

Menurut Pudia orangtua atau pimpinan kontingen cabang Solok Selatan tak perlu terlalu cemas, sebab Ramadanus peserta dari So­lok Selatan yang menderita penyakit campak kini ke­se­hatannya mulai membaik. Dia perlu istirahat yang cu­kup dan bila nanti dibiarkan di perkemahan penyakit cam­pak tersebut dikuatirkan menular ke peserta lainnya.

Dokter yang sehar-hari dosen di Universitas Negeri Padang (UNP) ini tak bosan-bosannya menghimbau ke­pada pimpinan kontingen cabang untuk selalu menjaga kesehatan dengan selalu ba­ny­ak minum air putih. Begitu juga bila sudah waktu jam istirahat maka pergunakan sebaik-baiknya.”Saya ber­sama dengan pimpinan kon­tingen pramuka Sumbar seti­ap hari mengelilingi kemah peserta yang jaraknya cukup berjauhan ini untuk me­mas­tikan apa ada yang sakit. Juga selalu menghimbau agar pe­serta banyak minum air putih. Apalagi cuaca di buper cukup ekstrim. Kadang-kadang hu­jan, tiba-tiba panas,” se­butn­ya menambahkan umumnya peserta hanya menderita kelelahan.

Kakwarda Sumbar ketika membezuk Ramadanus me­m­berikan semangat dan men­doakan agar lekas sembuh sehingga bisa kembali me­ngikuti kegiatan. Dia tak bosan-bosan pula meminta para pimpinan kontingen cabang untuk bisa mengon­trol peserta dari cabang ma­sing-masing, sehingga jangan sampai ada lagi yang men­derita sakit.”Cepat sembuh ya. Jangan patah semangat. Mudah-mudahan bisa ikut kegiatan lagi,” kata Muslim Kasim memberi semangat Ramadanus yang didampingi oleh sejumlah pembinanya.

Selasa (16/8) peserta dari Sumbar masih mengikuti seluruh kegiatan pesta pra­muka penggalang yang di­gelar sekali lima tahun ter­sebut dengan baik. Mereka mengikuti wisata dan pe­tualangan ke luar buper di­antara­nya ke Taman Mini Indonesia Indah (TMII), ke Sentul, Junggelelan. Se­dang­kan kegiatan di buper berupa bivak, memanah, semboyan, pionering, lempar sangkur. Giat air di danau buper, pengenalan SAR. Kegiatan tersebut diantaranya dilak­sanakan di perkampungan Desa Kumayan Cibubur.

“Saya selama ini hanya melihat Desa Kumayan di te­levisi. Sekarang bisa lang­sung ke Desa Kumayan tem­pat pem­buatan sinteron Tu­juh Manusia Harimau,” kata salah seorang peserta kepada “Haluan”.

Peserta juga menerima pengetahun dan teknolgi dari sejumlah narasumber ber­bagai kementerian dan ins­tansi lainnya.

Sementara Rabu (17/8) peserta jamnas mengikuti peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-71 Republik Indo­nesia di lapangan utama Buper Cibubur. Bertindak selaku pembina upacara Ke­tua Kwartir Nasional Gera­kan Pramuka Adhyaksa Da­ult. Tak seperti biasanya peserta memamai pakaian adat daerah masing-masing.

Usai upacara dilanjutkan dengan karnaval mengitari jalan di sekeling bumi pe­r­ke­ma­han. Sorenya dilak­sana­kan kegiatan lomba per­mainan rakyat, seperti makan kerupuk. (h/aye)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]