Universitas Andalas Peringkat 11 se-Indonesia


Kamis, 18 Agustus 2016 - 03:54:23 WIB
Universitas Andalas Peringkat 11 se-Indonesia

PADANG, HALUAN—Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi M Nasir, Rabu (17/8) mengumumkan 12 perguruan tinggi teratas di Indonesia dan Universitas Andalas masuk rangking 11 dari ribuan perguruan tinggi negeri dan swasta. Sementara tahun se­belum­nya, Unand pada cluster dua, artinya tahun ini mengalami kenaikan.

“Sekarang Unand masuk pada cluster satu.  Harapan­nya, kita terus melakukan perbaikan kualitas terutama yang menjadi indikator dalam penilaian Kemenristekdikti,” ucap Rektor Unand Tafdil Husni ketika dihubungi, Rabu (17/8).

Indikator dalam penilaian ini sendiri meliputi empat kategori. Yaitu dosen (12 persen), kualitas dosen (18 persen), akreditasi (30 per­sen), kualitas kegiatan ke­ma­hasiswaan (10 persen) dan kualitas kegiatan penelitian (30 persen). Pada kategori kualitas kegiatan penelitian ini, Unand memberikan fo­kus lebih besar, karena masih belum mencapai target yang diharapkan.

Hingga kini, Tafdil men­catat dengan 912 peneliti yang dimiliki Unand me­ngan­tarkan Unand pada klas­ter mandiri pada bidang penelitian. Dari 2.057 artikel yang ditampilkan sebanyak 843 artikel sudah terindeks scopus dan Indonesia berada di rangking 11 di Indonesia untuk publikasi ilmiah ini.

Unand juga terus me­nge­jar rasio guru besar yang saat ini baru 10 persen dan rasio dosen yang menyelesaikan studi doktor. Untuk mengejar ketertinggalan tersebut, Una­nd berusaha meningkatkan penelitian dosen yang di­publi­kasikan di jurnal ter­ke­muka dan terpercaya. Ter­masuk mendorong dosen muda melanjutkan studi di luar negeri.

“Untuk prestasi maha­siswa kami terus mendukung mengikuti perlombaan se­jum­lah iven baik tingkat nasional maupun inter­nasio­nal yang diikuti mahasiswa. Untuk tata kelola, kami juga akan menerapkan berbasis IT dan meningkatkan kemam­puan tenaga kependidikan. Kami tidak ingin ketinggalan dari Binus yang awalnya dimulai sebagai tempat kur­sus, kini jumlah maha­siswa­nya sama dengan Unand dan meraih PTS terbaik di 2015,” ucap Tafdil.

Sebelumnya, Men­ris­tek­dikti M Nasir memaparkan 12 peringkat perguruan tinggi di Indonesia yang ditempati oleh perguruan tinggi negeri (PTN).

“Di sini saya tidak lama menyampaikan hal ini, saya ingin memaparkan peringkat-peringkat perguruan tinggi di tahun 2016 dan di­ban­ding­kan dengan tahun 2015. Tidak banyak peringkat yang be­rubah, beberapa universitas paling hanya naik dan turun satu peringkat, tetapi yang me­m­bedakan adalah skor­nya,” ujar Dikti M Nasir dalam jumpa pers di kantor­nya, Jakarta Pusat, Rabu (17/8).

Nasir menambahkan, p­e­ringkat perguruan tinggi 2016 tak banyak berubah dibanding peringkat tahun lalu. Beberapa perguruan tinggi ini hanya mengalami kenaikan satu sampai dua tingkat dan hanya Universitas Sebelas Maret yang menga­lami penurunan. (h/eni/dtk)

 

12 BESAR PERINGKAT PERGURUAN TINGGI DI INDONESIA, DAN POSISINYA DIBANDING TAHUN LALU:

1. ITB skor 3,78 (stabil)
2. UGM skor 3,72 (stabil)
3. UI skor 3,69 (naik 1 peringkat)
4. IPB skor 3,54 (turun 1 peringkat)
5. Universitas Brawijaya skor 3,24 (naik 1 peringkat)
6. ITS skor 3,17 (turun 1 peringkat)
7. Universitas Airlangga skor 3,15 (naik 1 peringkat)
8. Universitas Hasanuddin skor 3,06 (naik 3 peringkat)
9. Universitas Diponegoro skor 3,04 (naik 1 peringkat)
10. Universitas Padjadjaran skor 2,97 (turun 3 peringkat)
11. Universitas Andalas skor 2,88 (naik 2 peringkat)
12. Universitas Sebelas Maret skor 2,87 (turun 3 peringkat)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 02 Desember 2019 - 14:52:00 WIB

    Terkait Polemik di Kampus, Ini Pernyataan Universitas Taman Siswa

    Terkait Polemik di Kampus, Ini Pernyataan Universitas Taman Siswa PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Terkait berita yang terlanjur beredar di sejumlah media terkait polemik yang terjadi di Universitas Taman Siswa, mahasiswa Universitas Taman Siswa yang tergabung dalam Forum Komunikasi Mahasiswa me.
  • Jumat, 26 Januari 2018 - 11:24:00 WIB

    Demo, Warga Bakar Ban di By Pass depan Kampus Universitas Baiturrahmah

    Demo, Warga Bakar Ban di By Pass depan Kampus Universitas Baiturrahmah PADANG, HALUANHALUAN.COM -- Aksi bakar ban mewarnai aksi unjuk rasa warga di Jalan By Pass, Padang, Jumat (26/1) siang ini. Tak hanya itu. Seribuan massa yang tergabung dalam Forum Masyarakat Tigo Sandiang juga mengusir puluh.
  • Sabtu, 22 April 2017 - 02:44:31 WIB

    UBH Menuju Universitas Berkelas Dunia

    PADANG, HALUAN -- Universitas Bung Hatta (UBH) kini menapak usia ke-36 tahun, usia yang telah amat dewasa dan berada pada level kematangan. Di usia tersebut, UBH makin cemerlang, berbagai pengembangan telah dilakukan baik dar.
  • Senin, 05 Desember 2016 - 01:49:44 WIB
    PENGUKUHAN DAN RAKERNAS I DPP IKA UNAND 2016-2020

    Alumni Etalase Universitas

    Alumni Etalase Universitas PADANG, HALUAN — Alum­ni merupakan etalase sebuah universitas. Kebe­radaan alumni akan sangat berpengaruh dalam kema­juan universitas. Berkem­bang atau tidaknya univer­sitas akan ditentukan oleh ujung tombaknya, yaitu .
  • Senin, 15 Agustus 2016 - 05:45:18 WIB
    PEDULI PETANI

    LP2M Jalin Kerja Sama dengan Universitas di Taiwan

    LP2M Jalin Kerja Sama dengan Universitas di Taiwan PADANG, HALUAN —Lem­baga Pengkajian dan Pem­ber­dayaan Masyarakat (LP2M) bersama Yayasan Bumi Ceria menjalin kerjasama bilateral dengan National Chiao Uni­versity of Taiwan (NCTU) dalam rangka Hari Anak Muda Se­dunia (.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]