Kementerian PU Diminta Realisasikan RTH di Dharmasraya


Kamis, 18 Agustus 2016 - 04:36:40 WIB
Kementerian PU  Diminta Realisasikan RTH di Dharmasraya PEMBUKAAN Focus Group Discution (FGD), Selasa (16/8), di Aula Kantor Bupati Dharmasraya.

DHARMASRAYA, HALUAN – Wakil Bupati Dharmasraya H. Amrizal Dt. Rajo Medan me­nyam­paikan harapan masya­rakatnya pada Kemen­terian Pekerjaan Umum (PU) agar merealisasikan pembangunan Ruang Ter­buka Hijau (RTH) di Dharmasraya. Pasalnya, hingga saat ini, kabu­paten termuda di Sumbar itu belum memiliki RTH.

Harapan itu disampaikan Wabup Amrizal pada Pembukaan Focus Group Disccution (FGD), Selasa (16/8) di Aula Kantor Bupati Dharmasraya. 

“Saya atas nama masyarakat Dhar­masraya sangat berharap kepada Kementerian PU dapat merealisasikan RTH di Dharmasraya,” ungkap Wabup H. Amrizal dalam acara yang dihadiri oleh Sugeng dari Dirjend Cipta Karya Kementerian PUPR, Kasatker Pembinaan Ba­ngunan dan Lingkungan Dinas Prasjal Tarkim Sumbar, Armen, ST, Asisten II Setkab Bidang Pembangunan dan Keuangan, H. Adlisman, Badan Lingkungan Hidup (BLH), Kepala SKPD, ca­mat, LSM serta perwakilan Pers.

Dikatakannya, untuk meme­nuhi harapan masyarakat tersebut, Pemkab Dharmasraya siap untuk memenuhi segala persyaratan yang diminta oleh pihak Kemen­terian PU agar RTH dapat diba­ngun di lokasi yang sudah di­sediakan.

“RTH sangat bermanfaat bagi masyarakat Dharmasraya khusus­nya dan masyarakat yang melintas di Dharmasraya umumnya. Karena Dharmasraya membentang di jalan lintas Sumatera sepanjang 60 kilometer,” ungkap Amrizal.

Dalam kesempatan itu, Wa­bup juga memerintahkan pihak Dinas PU untuk segera memenuhi persyaratan yang diminta Kemen­terian PU agar RTH dapat direa­lisasikan pembangunannya di Dharmasraya. “Dari dua lokasi yang diajukan agar segera dipe­nuhi persyaratannya,” ucap  Am­rizal yang juga Ketua DPC Hanura Dharmasraya.

Sementara itu Kepala BLH Dharmasraya dr Rahmadian me­nga­takan, dengan adanya RTH di Kabupaten Dharmasraya, sangat membantu masyarakat dan peme­rintah, karena saat ini khusus anak-anak muda memanfaatkan taman yang ada di lingkungan Kantor Bupati untuk bermain internet.

Karena itu, kata dokter umum ini, apabila sudah ada RTH, maka sudah ada arena bermain bagi masyarakat khususnya kaum muda yang senang menjelajahi dunia maya. Apalagi lokasi yang akan direncanakan berada di pinggir Jalinsum, maka bukan hanya masyarakat Dharmasraya yang dapat memanfaatkan, tetapi orang yang melintas di Dhar­masraya.

Narasumber dari Dirjend Cip­ta Karya Kementerian PUPR, Sugeng, menjelaskan, bahwa un­tuk membangun RTH harus me­lalui 10 tahapan yang harus oleh daerah yang mengusulkan proyek tersebut, yakni Surat Minat, Work­shop RAKH, Proposal RHKH, Piagam Kota Hijau, Forum Kota Hijau, Penyusunan Mana­jemen Kota Hijau, Penyusunan Peta Komunitas Hijau, Festival dan Aksi Kota Hijaudan , Pe­nyusunan DED RTH. “Apabila dipenuhi unsur yang sembilan tersebut,  barulah masuk kepada langkah kesepuluh yaitu pemba­ngunan RTH. Jadi RTH tidak bisa langsung dibangun begitu saja,” terang Sugeng.

Selain itu, tambah Sugeng, untuk persyaratan umum seperti lokasi harus sudah bersertifikat. Kalau belum bersertifikat meski lokasi milik Pemkab Dhar­mas­raya, maka proyek selesai tidak bisa diserahkan karena melanggar hukum.

Kepala Dinas PU Kabupaten Dharmasraya, Ir. Junedy Yunus, yang juga sebagai narasumber, dalam paparannya menjelaskan, dari sepuluh langkah yang diper­syaratkan, sudah ada enam lang­kah yang telah terpenuhi. Se­dangkan tiga langkah lagi untuk menuju langkah ke sepu­luh, akan segera dipenuhi. “Kita siap meme­nuhi langkah-langkah berikutnya dengan menggandeng stake­holder yang ada seperti BLH dan Pers,” tegas Junedy Yunus.

Junedy juga menyampaikan antusianya masyarakat sudah dinampakkan oleh tokoh masya­rakat tampat lokasi yang akan dibangun, seperti lokasi Simpang Silago yang sudah besertifikat dan Bukit Gunung Medan yang juga sudah ada penyerahan lahan oleh Ninik Mamak setempat. “Masya­rakat sangat antusias, tokoh masyarakat sudah menyerahkan lahan kepada Pemkab Dhar­mas­raya,” ujarnya.

Untuk membuktikan hal itu, usai acara,  rombongan dari Ke­men­terian PUPR dan Dinas Prasjal Tarkim Sumbar langsung turun ke lokasi yang disambut langsung oleh tokoh masyarakat. Di Gunung Medan rombongan disambut oleh Tokoh Masyarakat Gunung Medan, Khairul Rasyid Dt. Sinaro.

“Saya atas nama masyarakat sangat berharap pembangunan RTH segera terlaksana, lahan yang dibutuhkan sudah diserahkan kepada Pemkab Dharmasraya,” kata Khairul Rasyid yang juga anggota DPRD Dharmasraya. (h/mdi)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]