Jamaah Calon haji Tertua Meninggal Dunia di Masjid Nabawi


Kamis, 18 Agustus 2016 - 10:26:02 WIB
Jamaah Calon haji Tertua Meninggal Dunia di Masjid Nabawi MENUJU TANAH SUCI--Calon Jamaah Haji (CJH) Kloter l dari Kota Padang menaiki pesawat Garuda Indonesia Boeing 747 seri 400 di Bandara Interbasional Minangkabau (BIM) di Padang Pariaman, Selasa (9/8) dini hari. Pesawat tersebut membawa 344 CJH terasuk petugas pendamping dan lansung menuju Madinah Arab Saudi. RIVO SEPTI ANDRIES
PADANG, HALUAN—Satu orang Jamaah Calon Haji (JCH) Kloter l Embarkasi Padang yang tergabung meninggal dunia saat menunaikan shalat ashar di Masjid Nabawi, Arab Saudi, Selasa (16/8). Jamaah tersebut berasal dari Kota Padang dan termasuk JCH tertua di kloter.
 
“Yang meninggal atas nama Nashar Bahtiar (82) termasuk jamaah tertua. Ia meninggal saat sedang salat ashar di Masjid Nabawi. Jenazah dimakamkan di Madinah,” terang Kabag Humas Kanwil Kemenag Sumbar Irwan, Rabu (17/8).
 
Ia menjelaskan, untuk keluarga dari jamaah yang meninggal, pihak embarkasi padang sudah memberitahukan kejadian tersebut. Namun untuk penyebab jamaah
meninggal masih belum diketahui karena masih menunggu informasi dari petugas kesehatan.
 
Sementara, data terakhir dari Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Padang sebanyak 2.252 JCH sudah berada di Madinah dalam keadaan sehat. Jamaah tersebut terbagi dari lima kloter  yang berada di Madinah terdiri dari 944 pria dan 1.308 wanita.
 
“Informasi terakhir seluruh Jamaah dalam keadaan sehat, dan di Madinah mereka mengikuti shalat arbain yaitu shalat selama 40 waktu tanpa terputus di Masjid Nabawi,” ujar Sekretaris Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Padang, Hami Mulyawan.
 
Sedangkan, kloter 6 yang berasal dari Kabupaten Pasaman, Pasaman Barat, Pesisir Selatan dan Kota Padang lepas landas dari Bandara Internasional Minangkabau (BIM) Kabupaten Padang Pariaman, pada pukul 8.25 WIB, Rabu (17/8).
 
Kloter 6 dengan total 254 JCH dan petugas pendamping diberangkatkan dengan pesawat Garuda Boeing 747 seri 400. Rincian jamaah berasal dari Kabupaten Pasaman 138 orang, Pasaman Barat 176 orang, Pesisir Selatan 101 orang, Kota Padang 20 orang, TPHD 4 orang dan petugas kloter 6 orang. Di kloter 6v terdapat jamaah termuda atas nama Lin Purna Gusti Syafri (25) dan jamaah tertua Kesmoyo Nur Ngalim (86).
 
Seluruh jamaah dari kloter 6 akan mendarat di Mekah dan menempati maktab 26 di wilayah Jarwah, Mekah. Selain itu di kloter 6 ada dua JCH yang diundur keberangkatannya karena masih dalam pengurusan visa. Jamaah tersebut yakni Riswandi Idris (36), dan Vivien Sarly Sahar, (35) asal Pasaman.(h/rvo)
 
Editor : Rivo Septi Andries

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]