Nagari Batu Bajanjang Didorong Kembangkan Pertanian Organik


Kamis, 18 Agustus 2016 - 12:59:05 WIB

Arosuka, Haluan — Se­bagai nagari yang berada di daerah subur di kaki Gunung Talang, Nagari Batu Bajan­jang  Kec. Lembang Jaya me­rupakan salah satu daerah penghasil sayur di kabupaten Solok selain Bukit Sileh, Sungai Nanam hingga Alahan Panjang. Potensi yang besar ini jelas membuat petani di daerah itutak luput dari peng­gunaan pestisida yang cen­derung membahayakan bagi masyarakat, tak hanya bagi petani itu sendiri namun juga bagi masyarakat yang meng­kunsumsi hasil pe­rtanian itu sendiri.

Hal ini disampaikan Ang­gota DPD RI Nofi Candra dalam diskusinya bersama warga dan petani  saat kun­jungan masa resesnya ke na­gari itu, Minggu lalu. Dalam d­is­kusi itu, masyarakat se­tem­pat mengeluhkan tingginya harga barang pertanian seperti pupuk dan pestisida yang menjadi sarana utama bagi petani dalam meningkatkan hasil pertaniannya.

 ” Lantaran itu, kita ber­harap kepada petani kita di Kabupaten Solok khusunya Nagari Batu Bajanjang, me­ngu­rangi ketergantungannya terhadap bahan kimia ber­bahaya dan beralih kepada konsep pertanian organik dan ramah lingkungan,” kata Nofi.

Sementara itu, Wali nagari Batu Bajanjang  Lahmuddin membenarkan jika selama ini petani di daerah itu seringkali mengalami kelangkaan pupuk untuk pertanian sayur masyarakat. Sealain itu, harga barang sebagai alat produksi pertanian seperti racun dan pestisida lainnya harganya juga tidak stabil. “ Kalau harga sayur anjlok, petani kerap merugi karena biaya pro­duksinya tinggi,” tutur Lahmuddin bersama warga lainnya. (h/ndi)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 30 September 2020 - 06:14:11 WIB

    Kualitas SDM Rendah, 4 Nagari di Tanah Datar Belum Punya Bumnag

    Kualitas SDM Rendah, 4 Nagari di Tanah Datar Belum Punya Bumnag HARIANHALUAN.COM - Empat nagari dari 75 nagari di Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat masih belum memiliki Badan Usaha Milik Nagari (Bumnag) lantaran terkendala rendahnya kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) di nagari dalam .
  • Rabu, 30 September 2020 - 06:05:50 WIB

    Dana Desa Naik, Wali Nagari Diminta Fokus Entaskan Kemiskinan

    Dana Desa Naik, Wali Nagari Diminta Fokus Entaskan Kemiskinan HARIANHALUAN.COM - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar menyampaikan, alokasi Dana Desa tahun 2021 sebesar Rp72 triliun atau meningkat 1,1 persen dari tahun sebelumny.
  • Selasa, 29 September 2020 - 21:29:10 WIB

    Terkendali, Nasabah Bank Nagari Cabang Painan Tak Perlu Khawatir Penyebaran Covid-19

    Terkendali, Nasabah Bank Nagari Cabang Painan Tak Perlu Khawatir Penyebaran Covid-19 HARIANHALUAN.COM - Pemimpin Cabang Bank Nagari Painan, Heri Fitrianto mengatakan semua karyawan yang dipimpinnya bebas dari covid-19. Nasabah bank tidak perlu lagi merasa khawatir ketika mendatangi kantor Bank Nagari cabang P.
  • Senin, 28 September 2020 - 18:13:08 WIB

    Pembangunan Nagari di Sumbar Diklaim Sudah Tepat Sasaran

    Pembangunan Nagari di Sumbar Diklaim Sudah Tepat Sasaran HARIANHALUAN.COM - Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno menyebutkan, bahwa pemerintah provinsi dan kabupaten kota jauh dari Nagari. Seharusnya Walinagari dan Kepala Desa bisa menyatu dengan masyarakat serta berbaur dengan masyarak.
  • Senin, 28 September 2020 - 18:06:22 WIB

    Gubernur: Nagari Ujuk Tombak Memberikn Pelayanan ke Masyarakat

    Gubernur: Nagari Ujuk Tombak Memberikn Pelayanan ke Masyarakat HARIANHALUAN.COM - Gubernur Sumbar Irwan Prayitno mengatakan semua peran dari Nagari/Desa terhadap masyarakat, bahkan disebut sebagai ujung tombak sebagai garda terdepan memberikan pelayanan kepada masyarakat ada di Nagari at.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]