Pasar Ibuh Disiapkan Jadi Pasar Tertib Ukur Nasional


Kamis, 18 Agustus 2016 - 13:02:26 WIB

PAYAKUMBUH, HALUAN — Pemko Paya­kumbuh melalui Dinas Ko­perindag setempat beker­jasama dengan UPTD Balai Metrologi Provinsi Sumatera Barat, memberikan pela­yanan Tera dan Tera Ulang bagi 1.150 pemilik/pengguna alat UTTP (Ukur, Takar, Timbang dan Perlengkapan) bagi Pedagang se-Kota Paya­kumbuh, di pelataran parkir Pasar Ibuh Barat, beberapa hari yang lalu.

Kabid Perdagangan Dis­ko­perindag Mise, dalam kete­rangannya, Rabu kemarin menjelaskan, Pasar Ibuh Ba­rat Payakumbuh, salah satu pasar yang diusulkan untuk mendapat predikat Pasar Tertib Ukur oleh Kemen­terian Perdagangan RI Tahun 2016. Untuk itu telah dila­kukan beberapa proses anta­ralain sosialisasi/bimbingan teknis kepada pemilik/peng­guna alat  UTTP, pendataan potensi alat UTTP dan Pela­yanan tera dan tera ulang terhadap alat UTTP di Pasar Ibuh Barat tersebut.     

Dikatakannya, kegiatan tera ulang UTTP ini dimak­sudkan untuk melindungi konsumen dan memperbaiki alat UTTP yang dimiliki pedagang di Pasar Ibuh, agar sesuai dengan standar yang ditentukan dan dalam pan­dangan Agama Islam. Ia juga menekankan pentingnya ke­benaran ukuran. “Takaran dan timbangan secara adil, benar dan jujur,” jelasnya.

Kepala Dinas Koperindag Dahler, mengatakan, untuk meningkatkan pelayanan pa­sar tradisional pemerintah mencanangkan program  per­bai­kan pengelolaan dan pem­berdayaan pasar tradisional. Salah satu tujuannya adalah terciptanya pasar tradisional yang tertib , teratur, aman, bersih dan sehat. . (h/zkf)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]