LP Lubuk Basung Tingkatkan Pengamanan


Kamis, 18 Agustus 2016 - 13:06:44 WIB
LP Lubuk Basung Tingkatkan Pengamanan PEKERJA tengah melaksanakan perbaikan untuk peningkatan pengamanan di LP kelas II B Lubuk Basung. (RAHMAT HIDAYAT)

Agam, Haluan Lem­baga Pemasyarakatan(LP) Kelas II B Padang Lansano Lubuk Basung meningkatkan pengamanan dengan me­la­kukan serangkaian per­bai­kan, di Lingkungan LP ter­sebut. Hal itu dilakukan merupakan bagian dari ke­seriusan pihak LP untuk menutup serta me­nekan pe­luang Warga binaan untuk melarikan diri.

Kepala LP Kelas II B Padang Lansano Irwan, Rabu (17/8) mengatakan, pihaknya telah melakukan sejumlah perbaikan, agar tidak ada lagi akses yang membuka peluang warga binaan untuk me­larikan diri. Pengamanan terus di perketat, dengan me­ngop­timalkan sumber da­ya ma­nusia yang ada. “ Cu­kup banyak perbaikan di­lakukan. Seperti memagar, dinding gerbang yang ada sekat se­hingga menjadi datar sehingga tidak bisa dipanjat. Saya sudah mencoba me­nyuruh salah seorang me­man­jat pintu sebelum di­perbaiki, tetap tidak bisa dipanjat. Meski demikian, tetap kita perbaiki untuk meningkatkan pe­ngamanan,” kata Irwan.

Ia menjelaskan, ada ba­nyak faktor sebenarnya yang meneybabkan terjadinya ka­sus napi melarikan diri pada sebuah lembaga pe­ma­sya­rakatan. Contohnya, bagunan LP yang belum memenuhi standar, kemudian kurangnya sumber daya manusia dalam melakukan tugas penga­ma­nan. Walau begitu, setiap LP biasanya tetap berupaya mak­simal dalam menjaga napi. “ Kita tidak bisa prediksi atau mengetahui apa yang ada dalam benak setiap napi. Oleh sebab itu tugas lembaga ha­nyalah berupaya dengan se­mampunya untuk menjaga LP agar Aman, sehingga tidak ada yang lari. Ke­mudian menciptakan suasana pada lingkungan LP kondusif se­hingga mereka bisa men­jalani masa binaan dengan benar,” katanya.

Di­katakannya, per­ma­salahan yang paling utama di­hadapi oleh Lembaga Pe­masyarakatan Kelas II B Padang Lansano Lubuk Ba­sung adalah, kurangnya pe­tugas pengamanan. Jumlah sumber daya yang ada tidak sebanding dengan banyaknya warga binaan. Bayangkan Dalam satu hari hanya ada tiga petugas yang menjaga. “ Dengan adanya pembenahan ini, kondisi LP diharapkan menjadi jauh lebih baik. Pengamanan menjadi lebih ketat. Disamping itu kita juga terus mengasah spritual war­ga binaan  agar manusia yang lebih baik mendatangkan da’i. Melalui itu diharapkan bisa mencegah napi dari melakukan tindakan ceroboh, seperti melarikan diri,” jelas Irwan. (h/yat)





Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM