Ganefri: Guru itu Orang Cerdas


Kamis, 18 Agustus 2016 - 13:09:15 WIB
Ganefri: Guru itu Orang Cerdas Rektor Univer¬sitas Negeri Padang Ganefri.

PADANG, HALUAN — Ratusan guru di daerah terprogram Sarjana Mendidik di Daerah Terdepan, Terluar, dan Tertinggal (SM3T) diharapkan bisa menjadi teladan bagi anak didiknya. Mereka diharapkan tidak hanya memiliki kemampuan sebagai tenaga pendidik saja.

“Guru yang cerdas pasti akan tahu apa yang sekiranya harus dilakukan dan apa yang harus dihindari. Untuk menjadi guru yang cerdas dan tentunya disenangi oleh mu­rid bukanlah sesuatu yang mudah untuk di­la­kukan perlu adanya sinkronisasi antara ni­at si guru dengan realita prilaku. Maksud­nya adalah antara hati, ucapan dan per­buatan harus selaras,” ujar Rektor Univer­sitas Negeri Padang Ganefri di­hadapan 354 guru SM3T saat pembekalan indor program SM3T Angkatan VI UNP Tahun 2016 di Aula Hotel New Razaki, Senin (15/8).

Ganefri mengatakan pemerintah dan ma­syarakat berharap sikap guru terhadap pro­fesinya semakin bermutu. Untuk itu se­orang guru,  harus selalu berupaya men­ciptakan dan menata suatu kondisi edukatif yang nyaman, aman, tenang dan tentram.

“Ada empat kecerdasan yang harus dimiliki seorang guru dalam mengemban tugas mulia ini. Kecerdasan Intelektual (IQ), Kecerdasan Knowledge, Kecerdasan Emo­sio­nal (EQ), Kecerdasan Spritual (SQ),” ujarnya.

Ketua Pelaksana Program SM3T Ang­katan VI Syahrial Bakhtiar mengatakan, tujuan dari pembekalan dan prakondisi ini adalah mempersiapkan guru-guru yang handal dan siap dalam segala bidang, bukan saja guru yang sekedar memberikan materi saat pembelajaran. (h/rel/eni)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]