Upacara Kemerdekaan Terganggu Suara Drone


Jumat, 19 Agustus 2016 - 02:47:04 WIB
Upacara Kemerdekaan Terganggu Suara Drone Ilustrasi.

SOLOK, HALUAN — Peserta upacara peringatan detik-detik proklamasi kemer­dekaan Republik Indonesia di lapangan Merdeka Solok sedikit terganggu menyusul adanya alat drone yang meliuk-liuk di udara, tepat hanya beberapa kaki di atas Lapangan Merdeka Solok.

Peralatan yang dikendalikan dengan remot kontrol itu tidak jelas siapa yang menghadirkannya, namun tujuannya untuk mengambil foto peserta upacara dari udara dan merekam dengan kamera digital jalannya upacara mulai dari awal sampai akhir.

Baca Juga : ASN di Dharmasraya Dilarang Meninggalkan Daerah, Sutan Riska Tuanku Kerajaan: Kepala OPD Wajib Berikan Laporan Kedisiplinan Pegawai

Karena drone itu baru pertama kali digunakan saat upacara penting di Kota Solok, spontan saja peserta upacara banyak yang memerhatikan peralatan tersebut, apalagi mengeluarkan bunyi seperti pesa­wat terbang yang meraung-raung. Bunyi itulah yang membuat peserta upacara menengadah ke atas langit memperhatikan cara kerja drone.

Awalnya banyak pihak yang menduga, drone itu hanyalah permainan anak-anak yang sengaja bermain pada saat upacara ber­langsung. Hal itu sedikit mengganggu mengingat pada peringatan detik-detik proklamasi, tidak satupun suara keluar, baik knalpot kendaraan sekalipun, karena kenda­raan yang lewat di jalan utama dihentikan agar peringatan upacara lebih khidmat.

Baca Juga : Tegas! Bupati Sutan Riska Larang ASN Mudik

Namun setelah ditelusuri, ternyata drone itu sengaja dihadirkan untuk meng­am­bil dokumentasi upacara peringatan detik-detik proklamasi, dokumentasi itu berupa foto udara dan video yang direkam melalui alat tersebut.

“Siapa yang menghadirkan alat itu, saya tidak tahu. Mungkin panitia upacara di lingkungan Pemda Kota Solok,” ujar seorang perwira Kodim Solok.

Sementara itu, Kabag Humas Pemda Kota Solok Heppi Darmawan yang ditanyai Haluan soal drone tersebut juga tidak mengetahui siapa yang merencanakan pemakaian drone tersebut. Tapi yang jelas alat itu memang berfungsi untuk mengam­bil dokumentasi dari udara, baik berupa foto dan video agar terlihat jelas kegiatan upacara secara menyeluruh. (h/alf)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]