Kemsos Kucurkan Rp600 Juta untuk Fakir Miskin


Jumat, 19 Agustus 2016 - 02:47:25 WIB
Kemsos Kucurkan Rp600 Juta untuk Fakir Miskin

SOLOK, HALUAN — Pe­merintah pusat melalui Ke­menterian Sosial kembali mengucurkan dana Rp600 juta untuk Kelompok Usaha Bersama Fakir Miskin (KU­BEFM) di Kota Solok. Pe­nyerahan dana dilakukan Walikota Solok Zul Elfian, Senin (15/8) di Kubuang Tigo Baleh Kota Solok.

“Bantuan yang diterima KUBEFM itu diperuntukan untuk 30 kelompok yang tersebar di 10 kelurahan di Kota Solok, 1 KUBEFM menerima dana Rp20 juta yang bisa dimanfaatkan un­tuk tambahan modal usaha,” jelas Kepala Bidang (Kabid) Bantuan Kesejahteraan Sosial Dinas Sosial Tenaga Kerja Kota Solok, Andriani, kepada Haluan, Kamis (18/8).

Baca Juga : Kabupaten Dharmasraya Kembail Raih Predikat WTP Keenam Kali

KUBEFM yang ada di 10 kelurahan di Kota Solok merupakan kelompok pemu­la, namun sudah me­miliki anggota 10-15 orang tiap kelompok. Adapun usaha yang dilaksanakan di ke­lompok itu bermacam-ma­cam, mulai dari warung lon­tong pical, makanan ringan, dagang beras, dagang ma­kanan dan minuman, serta bermacam usaha lainnya.

“Setelah dana diterima, setiap anggota bisa me­min­jam uang untuk menambah modal usaha, jumlah pin­jaman tergantung skala usa­ha, hanya saja si peminjam harus sudah ada usahanya, bukan memulai dari nol de­ngan modal pinjaman saja,” tambah Andriani.

Baca Juga : Diskominfo Solok Selatan Jalin Kebersamaan dengan Awak Media

Setiap peminjam menga­jukan permohonan pada ke­tua kelompok. Oleh ketua kelompok, dipelajari dan ditinjau ke lapangan tentang usaha yang sudah ada, baru pinjaman dapat direa­lisasi­kan.

Di Kota Solok, memang sudah banyak KUBE dan usaha yang dilaksanakan berkembang dengan baik setelah mendapat suntikan dana dari pemerintah, bahkan aku Andiani, ada KUBE di Kota Solok yang sudah Juara I tingkat nasional, yakni KUBE Anggrek kelurahan Tanah Garam. Kube itu su­dah punya modal Rp150 juta. (h/alf)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]