Teater Kolosal Meriahkan Upacara Kemerdekaan di Kota Solok


Jumat, 19 Agustus 2016 - 02:48:34 WIB
Teater Kolosal Meriahkan Upacara Kemerdekaan di Kota Solok SEJUMLAH siswa SMK 1 Kota Solok bersiap-siap memperagakan Teater Kolosal, usai upacara peringatan detik-detik proklamasi, Rabu (17/8). Teater Kolosal mengisahkan tentang perjuangan masyarakat Solok merebut kemerdekaan. (ALFIAN)

Setelah jam menunjukan pukul 09. 50, raungan sirine yang dipancarkan 4 unit mobil di lapangan Merdeka Kota Solok, menandai dimulainya peringatan detik-detik proklamasi  Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke-71 yang dipusatkan di Lapangan Merdeka.

Upacara peringatan detik-detik detik proklamasi HUT Kemerdekaan di Kota Solok berlangsung khidmat dengan inspektur upacara Walikota Solok Zul Elfian, dan pem­bacaan teks proklamasi di­percayakan pada Wakil Ketua DPRD Kota Solok.

Baca Juga : Bupati Khairunas Imbau TP PKK Solok Selatan Tingkatkan Etos Kerja di Era New Normal

Ratusan masyarakat dari berbagai elemen tumpah ruah ke Lapangan Merdeka meng­ikuti upacara HUT Kemer­dekaan ke-71 dan pertama di era kepemimpinan Walikota Solok Zul Elfian dan Wa­kilnya Reinier yang dilantik 17 Februari lalu. Sejak pukul 08.30, masyarakat dari ber­bagai kalangan sudah me­madati lapangan yang terle­tak di jalan utama Kota So­lok.

Selain kalangan pelajar, SMP, SMA dan Perguruan Tinggi, serta Aparatur Sipil Negara (ASN), juga tampak hadir 1 Pleton TNI Kodim Solok, Polres Solok Kota, kalangan TP-PKK dan Gabu­ngan Organisasi Wanita (GO­W), Bundo Kanduang dan Ninik Mamak, yang ter­ga­bung dalam LKAAM dan KAN Lubuk Sikarah.

Baca Juga : Dokter Dian Fadly Kunjungi Panti Asuhan dan Santri Tahfiz di Padang Panjang

Usai pembacaan teks prok­­lamasi oleh wakil ketua DPRD, dilanjutkan dengan pembacaan doa dan pe­ngi­baran Bendera Merah Putih oleh Pasukan Paskibraka yang suda dilatih sebelumnya, pasukan Paskibra itu dipilih dari kalangan pelajar SMA. SMK di Kota Solok.

Usai upacara peringatan detik-detik proklamasi ke­merdekaan RI di lapangan Merdeka Solok, peserta upa­cara juga dihibur dengan penampilan teater kolosal yang mengisahkan perjua­ngan Warga Solok dalam merebut kemerdekaan.

Baca Juga : Semarakkan Ramadan, Pemuda Masang Timur Gelar MTQ Tingkat Nagari

Penampilan teater kolosal yang diasuh oleh segenap guru SMK 1 Solok, beker­jasama dengan Kodim 0309 Solok sangat memukau para undangan dan masyarakat, baik tokoh masyarakat, Wa­likota Solok dan unsur For­kopimda Kota Solok, meng­apresiasi penampilan pelajar SMK 1 Solok yang seakan mengisahkan perjuangan warga Solok dalam merebut kemerdekaan.

Selain melibatkan pelajar SMK 1 Solok, juga ikut serta dua murid sekolah dasar yang mendemontrasikan agresi militer Belanda di Solok. Teater Kolosal binaan Kodim itu mengadopsi kisah perju­angan masyarakat bersama para pahlawan, mulai dari Cupak hingga lapangan Mer­deka, sekaligus bagaimana pejuang di Solok merebut kemerdekaan.

Baca Juga : Mudik ke Solsel? Pos Penyekatan Arus Mudik Ada di Kubang Gajah Sangir

Kendati dalam teater diki­sahkan gugurnya komandan lapangan, namun tidaklah mengendorkan semangat bagi masyarakat untuk mela­wan agresi Belanda, walau bermodalkan Talang (Bam­bu) Runcing dan parang, beberapa tentara Belanda mati di tangan masyarakat Solok yang gigih merebut kemerdekaan.

Salah seorang guru pem­bina yang berkeberatan ditu­lis namanya, kepada Haluan mengakui kalau teater ko­losal yang ditampilkan ada­lah wujud pembelajaran dan pengetahuan pada generasi muda, agar tidak melupakan sejarah ma­syarakat Solok merebut kemerdekaan dari tangan penjajah. Pada teater itu memang dikisahkan ten­tang liku-liku perjuangan Masyarakat So­lok yang se­be­lumnya di­paksa bekerja oleh penjajah. (*)

 

Oleh : ALFIAN

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]