Karak Kaliang 88 Juara II Tingkat Provinsi


Jumat, 19 Agustus 2016 - 02:49:14 WIB
Karak Kaliang 88 Juara II Tingkat Provinsi LENI Valentina memegang piala atas keberhasilan usaha kecilnya meraih Juara II Tingkat Sumatera Barat yang diserahkan di Padang, Rabu (17/8). Leni Valentina membuka usaha karak kaling (KK) 88 di kelurahan Kampung Jawa, Kota Solok. (ALFIAN)

SOLOK, HALUAN — Ma­kanan ringan Karak Kaliang 88 milik Leni Valentina yang ber­produksi di Banda Balantai, Kelurahan Kampung Jawa, keca­matan Tanjung Harapan, mem­peroleh Juara II tingkat Sumatera Barat dalam pe­nilaian makanan ringan yang dilaksanakan sebulan lalu oleh dinas terkait dari pe­merintah provinsi.

Keberhasilan industri ma­ka­nan ringan 88 tersebut dike­tahui setelah sang pemilik usaha, Leni Valentina, mene­rima telepon dari Dinas Per­tanian Tanaman Pangan Hor­tikultura Provinsi Sumbar, dan diperkuat pe­ngakuan Dinas Pertanian Pe­rikanan dan Kehu­tanan Kota Solok atas ke­berhasilan tersebut. “Ya benar saya ditelepon oleh tim Dinas Pertanian Provinsi serta Kasi produksi Dinas Per­tanian Kota Solok, Yubidarlis,” jelas Leni Valentina pada Ha­luan, Selasa (16/8).

Baca Juga : Tegas! Bupati Sutan Riska Larang ASN Mudik

Atas keberhasilan itu, Leni Valentina diundang ke Kota Padang untuk menerima l ha­diah dan uang pembinaan usai upacara peringatan hari Ke­merdekaan 17 Agustus. “Kamis ini saya ke Padang menjemput hadiah,” ujar Leni dengan wajah gembira. “Kendati hanya juara II sudah terobati juga jerih payah dalam mengelola maka­nan ringan 88 sejak 15 tahun lalu,” lanjutnya.

Pemerintah Provinsi Sum­bar, melalui Dinas Pertanian Tanaman Pangan Hortikultura, melakukan penilaian tiap tahun pada industri rumah tangga yang tergabung dalam Unit Pelayanan Pengembangan Pe­ngo­lahan Hasil Pertanian (UP­3HP). Tahun lalu, karak kaliang 88 milik Leni menempati juara III, dan prestasinya meningkat pada tahun 2016 ini. Pe­ning­katan prestasi ini akan terus dilakukan dengan harapan tahun depan bisa menjadi juara pertama tingkat provinsi dan bisa sebagai duta ke penilaian tingkat nasional.

Baca Juga : Kabupaten Dharmasraya Kembail Raih Predikat WTP Keenam Kali

Usaha karak kaliang 88 sudah dirintis oleh Leni Va­en­tina sejak 15 tahun lalu, waktu awal pendirian hanya mengolah dengan sederhana dan manual. Namun setelah beberapa tahun kemudian, mulai dibina Dinas Pertanian Kota Solok dan mem­bantu beberapa peralatan dan tungku memasak. Setelah adanya bantuan beberapa pera­latan, usaha karak kaliang 88 yang memiliki rasa gurih itu mulai meningkatkan produksi guna menjawab pangsa pasar yang sangat baik. (h/alf).

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]