HARI INI MULAI DITEMPATI

80 Lapak Sementara Dibangun


Jumat, 19 Agustus 2016 - 03:37:34 WIB
80 Lapak Sementara Dibangun Dinas Pasar membuat lapak sementara untuk para pedagang di Jalan Simpang Kandang yang terkena pembongkaran pada Selasa (18/8) lalu. Direncanakan hari ini, Jumat (19/8) pedagang tersebut akan berjualan di tempat ini. (MELATI OKTAWINA)

PADANG, HALUAN — Hari ini, Jumat (19/8) sebanyak 80 pedagang Simpang Kandang Pasar Raya Padang yang lapaknya dibongkar pada Selasa (16/8) lalu, akan menempati lapak sementara di samping Inpres I dan Inpres II.

Ketua Kelompok Pedagang Pasar Raya Ahmad pada Ha­luan, Kamis (18/8) menyatakan bahwa semenjak terkena pem­bongkaran pada selasa lalu, para pedagang masih berjualan di tempat lama.

Baca Juga : Hendri Septa Resmikan Bedah Rumah Bantuan Perumda Air Minum di Intake Guo Kuranji

Pedagang memang diper­bolehkan berjualan hingga Jumat 19 Agustus 2016, karena lapak sementara mereka belum selesai dikerjakan oleh Dinas Pasar.

Pedagang yang menempati area diantara pasar Inpres I dengan Inpres II terdapat dua kelompok. Mayoritas adalah pedagang sayuran dan sem­bako.

Baca Juga : Libur Lebaran, Hendri Septa Pastikan Destinasi Wisata di Kota Padang Tutup

Sementara itu Kepala Dinas Pasar Kota Padang Endrizal menyatakan untuk tempat yang baru dibangun, dananya berasal dari Dinas Pasar.

Ia membenarkan bahwa pedagang masih diberikan kesempatan untuk berjualan di tempat lama hingga tempat baru selesai dibangun.

Sebenarnya pedagang ha­rus sudah pindah pada Kamis malam setelah pengerjaan la­pak yang baru selesai. Namun karena pedagang meminta agar diperbolehkan untuk berjualan terlebih dahulu pada pagi hari, maka Dinas Pasar pun menye­tujui saran para pedagang guna menghindari konflik nantinya.

Dikatakannya, lapak yang dibangun diantara pasar Inpres I dengan pasar Inpres II baru dibuat pada Kamis Siang (18/8) dan akan siap pada ma­lamnya.

“Pembangun lapak hanya sederhana saja, cukup dibe­rikan tiang peyangga dan atap­nya hanya terpal bukan seng, karena tempat ini hanya bersifat sementara,” ujar Endrizal.

Untuk meja tidak dise­diakan oleh Dinas Pasar, meja berasal dari pedagang sendiri. Endrizal berharap setelah dibu­atkan tempat berjualan para pedagang tidak kembali ber­jualan di Jalan Sandang Pangan agar Pasar Raya dapat bersih dan pengunjung pun nyaman untuk berbelanja.

Sementara untuk dua tem­pat lain seperti di belakang balaikota lama dan di Jalan bemo juga sudah ditempati oleh pedagangn yang sebelumnya berjualan di Jalan Sandang Pangan. (h/mg-mel)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]