149 Pedagang Setuju Bangun Kembali Pasar Pariaman


Rabu, 24 Agustus 2016 - 03:48:07 WIB

PARIAMAN, HALUAN — Sebanyak 149 pedagang dan pemilik kios di Pasar Pariaman menyatakan sepakat   pem­bangunan kembali Pasar Pari­aman. Hal ini disampaikan dalam sebuah rapat lanjutan pembangunan pasar di lantai II Kantor Balaikota, Kamis (18/8). 

Kesepakatan itu dituangkan dalam bentuk penan­da­tanga­nan berita acara oleh pedagang, pemilik kios, pada pertemuan yang dihadiri Walikota Pari­aman, Mukhlis R, Wakil Wali­kota, Anggota DPRD Kota Pariaman dan Ketua APSI Romi Rusli.

Kepala Koperindag Kota Pariaman, Gusniyeti Zaunit, kepada Haluan usai pertemuan mengatakan, kesepakatan yang telah dituang melalaui penan­datanganan berita acara terse­but akan menjadi pedoman untuk realisasi pembangunan. Pembangunan pasar sendiri dilaksanakan dengan APBD dan APBN.

“Perencanaan dibuat buat tahun 2017 setelah itu barulah berlanjut dengan realisasi pem­bangunan. Soal ukuran toko minimal dirancang 3x4 me­ter,”katanya.

Kondisi Pasar Pariaman kini sudah memprihatinkan. Sudah tidak layak huni. Ba­nyak yang bocor, retak, dan sangat membahayakan, apalagi be­berapa toko di lantai II bagian belakang. Pelataranya sudah ada yang roboh dan hal tersebut juga sebuah indikasi terhadap kondisi sudah tidak layak.Total toko yang ada di Pasar Paria­man kini 343 unit, semua tersebar di lantai I dan lantai II.

Walikota Pariaman, Mukh­lis R, mengatakan rapat yang dilakukan merupakan lanjutan dari rapat tanggal 19 Mei 2016, ketika itu belum ada titik te­rangnya seperti hasil rapat kali ini.

Ketua APSI Kota Paria­man, Romi Rusli, menuturkan pertemuan pedagang dengan pemerintah Kota Pariaman terkait pembangunan kembali pasar pariaman sudah ke sekian kalinya.

“Namun, baru kali ini ada titik terangnya dimana pe­dagang, pemilik toko berse­pakat untuk pembangunan pasar pariaman kem­bali,” ung­kapnya. (h/tri).

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]