Sampah Jadi Polemik Padanggelugur


Rabu, 24 Agustus 2016 - 12:43:10 WIB
Sampah Jadi Polemik Padanggelugur Ilustrasi.Sampah

PASAMAN, HALUAN — Sejumlah warga Kecamatan Padanggelugur, Kabupaten Pasaman, mengeluhkan persoalan sampah yang seolah tanpa solusi di daerah itu. Padahal, sampah menjadi momok mena­kutkan bagi kesehatan manusia.

Hal itu terungkap dalam sosialisasi kabupaten sehat, yang digelar oleh Forum Kabupaten Pasaman Sehat (Forkapas) di Kecamatan Padanggelugur, Selasa (23/8).

Menurut mereka, polemik sampah dikecamatan itu sudah berlangsung cukup lama, khususnya di Kecamatan Padang­gelugur. Namun sejauh ini belum ada solusi jitu dari pihak terkait.

Minimnya fasilitas dan sarana pem­bua­ngan sampah bagi masyarakat setem­pat, semakin menambah persoalan. Aki­bat­nya, sungai, parit, lahan kosong dan permu­kiman pendudukan menjadi sasa­ran, warga membuang sampah sembarangan.

Pantauan Haluan, kesadaran masyara­kat untuk menerapkan pola hidup bersih dan sehat dikecamatan itu tergolong rendah. Mereka, masih membuang sam­pah disembarang tempat. Ketidakterse­diaan sarana dan prasarana pembuangan sampah pun menjadi alasan.”Sampah, menjadi persoalan yang tak pernah bisa kita tuntaskan. Setiap tahun, ini selalu menjadi topik hangat untuk dibahas, namun tak pernah terselesaikan,” ujar Khairul Sani, salah seorang tokoh mas­yarakat Padanggelugur.

Ketidaktersediaan tempat pembua­ngan sampah (TPS) di daerah itu menye­bab­kan warga seenaknya membuang sampah disembarang tempat. Sungai dan tempat lainnya menjadi sasaran warga untuk membuang sampah.”Seperti di Tanjung Aro. Disepanjang tali bandarnya dijadikan warga untuk membuang sam­pah. Di jembatan Pasir, Tapus juga. Banyak warga membuang sampah ke sungai. Belum lagi bila kita lihat ditengah pemu­kiman warga, banyak sampah menum­puk,” katanya.

Terpisah, Walinagari Padanggelugur, Saharuddin mengatakan, bahwa pihaknya sudah pernah mengusulkan pembuatan bank sampah dan pembangunan Tempat Pembuangan Akhir Sampah  (TPA) di daerah itu.”Dari semua usulan nagari untuk mengatasi polemik sampah itu, belum terealisasi satu pun hingga kini. Dan kami juga kewalahan, sementara masya­rakat banyak mengeluh,” katanya.

Ia pun berharap, Forkapas Pasaman dapat memperjuangkan aspirasi masya­rakat setempat, guna terciptanya tatanan kawasan pemukiman, sarana dan prasa­rana sehat.”Ini kan salah satu tatanan yang harus tercapai, dari sekian tatanan dalam rangka mencapai Swasti Saba Wistara itu. Kami minta bantuan forumlah untuk memperjuangkan hal ini,” ujarnya.

Sementara Ketua Forkapas Kabupaten Pasaman, Rudi Apriasi menyampaikan, persoalan sampah menjadi perhatian dan fokus utama program kerja forum yang ia pimpin tersebut. Pihaknya, kata dia, akan menyampaikan usulan masyarakat setem­pat kepada instansi terkait.  (h/mg-yud)





Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 27 Januari 2020 - 19:54:57 WIB

    Musim Hujan, Wali Kota Payakumbuh Imbau Warga Tertib Buang Sampah

    Musim Hujan, Wali Kota Payakumbuh Imbau Warga Tertib Buang Sampah PAYAKUMBUH, HARIANHALUAN.COM -- Sejak beberapa pekan terakhir, Kota Payakumbuh, masih menghadapi cuaca ekstrim. Kondisi yang melanda Kota Payakumbuh saat ini terlihat pada Minggu (26/1) malam dan Senin siang turun hujan lebat.
  • Senin, 18 November 2019 - 14:37:35 WIB

    Kesadaran Masih Rendah, Banyak Warga Payakumbuh Buang Sampah Sembarangan

    Kesadaran Masih Rendah, Banyak Warga Payakumbuh Buang Sampah Sembarangan PAYAKUMBUH, HARIANHALUAN.COM - Tingkat kesadaran masyarakat untuk menjaga lingkungan dari sampah di Kota Payakumbuh masih sangat rendah. Hal ini dapat dilihat dengan banyak nya perilaku membuang sampah sembarangan yang dilaku.
  • Jumat, 18 Oktober 2019 - 13:31:24 WIB

    DPRD Kota Pariaman Akan Panggil Dinas LH Terkait Sampah Simpang Amadin

    DPRD Kota Pariaman Akan Panggil Dinas LH Terkait Sampah Simpang Amadin PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM - Ketua DPRD Kota Pariaman, Fitrinora akan memanggil Dinas Perkim LH, Selasa depan terkait fasilitas umum drainase di Simpang Amadin menjadi tempat tumpukan sampah..
  • Rabu, 16 Oktober 2019 - 14:16:06 WIB

    Drainase Simpang Amadin Kota Pariaman Dipenuhi Sampah

    Drainase Simpang Amadin Kota Pariaman Dipenuhi Sampah PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM - Drainase yang terbuka di simpang Amadin Kota Pariaman, telah berubah menjadi tempat tumpukam sampah. Pemandangan itu mudah terlihat secara kasat mata di lokasi yang berdekatan dengan lampu merah..
  • Jumat, 12 Juli 2019 - 11:44:02 WIB

    Wanag Simpang Ajak Warga Tidak Buang Sampah ke Sungai

    Wanag Simpang Ajak Warga Tidak Buang Sampah ke Sungai PASAMAN, HARIANHALUAN.COM - Kepedulian masyarakat Nagari Simpang, Kecamatan Simpang Alahan Mati (Simpati), Kabupaten Pasaman masih terbilang rendah. Hal itu terbukti dari banyaknya sungai tercemar akibat warga membuang sampah.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM