AKIBAT ABRASI SALURAN TERSIER

19 Rumah Terancam Amblas di Koto Lua Pauh


Rabu, 24 Agustus 2016 - 12:55:37 WIB

PADANG, HALUAN—War­ga Koto Lua, Kelurahan Kapalo Koto Kecamatan Pauh minta dibuatkan dam pada dinding saluran tersier yang terus ter­kikis akibat banjir yang sering terjadi.

“Jika kondisi ini dibi­arkan, akan mengakibatkan terancam ablasnya 19 rumah warga yang berada di tepi tebing saluran tersier,” ujar Ketua Komisi III DPRD Kota Padang Hel­mi Moesim Selasa (23/8).

Ia berharap, Dinas PU Kota  Padang melalui Kasi Drainase dan Irigasi agar  mengerjakan din­ding dam pada saluran tersier,  serta saluran iri­gasi.

Ia mengatakan, salu­ran irigasi, juga harus dibenahi pada kawasan ini.

Dengan diper­bai­kinya, maka saluran iri­gasi akan mengaliri sawah pada 4 RW di daerah Koto Lua Kelurahan Kapalo Koto Ke­camatan Pauh.

Sementara itu Kasi Drai­nase PU Kota Padang Kas­maizal mengatakan, Dinas PU baru bisa melaksanakan pem­bangunan dinding dam pada saluran tersier di RT 03, RW 03 lebih kurang 100 meter, dengan ketinggian dam 1,5 meter.

“Pengerjaan ini  tidak bisa dilaksanakan sepenuhnya ka­rena, kami melakukannya de­ngan satu kali program. Untuk pengerjaan,  melalui dana PU sebesar Rp50 juta dan  belum termasuk irigasi,” katanya.

Dikatakannya, dam ter­lebih dahulu dibuat sebelah saja pada bagian belakang rumah warga. Untuk antisipasi agar rumah warga tidak am­blas dibawa arus air dan pe­ngerjaan diren­cana­kan selesai dalam seminggu.

“Untuk pengerjaan irigasi bukanlah pekerjaan pada Kasi Drainase, namun hal ini akan saya sampaikan kepada Kabid PU Kota  Padang,” ung­kap­nya. (h/ade)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]