KEPALA DAERAH DIMINTA SERIUS

Potensi Agrowisata Harus Digarap Maksimal


Rabu, 24 Agustus 2016 - 12:57:46 WIB

PADANG, HALUAN — Se­bagai salah satu daerah yang memiliki potensi besar un­tuk pengembangan sektor agro­wisata, Gubernur Sum­bar, Irwan Prayitno me­ngin­struksikan kepada seluruh bupati/ walikota se-Sumbar, untuk terus meningkatkan peng­garapan dan pe­nge­lolaan kawasan agrowisata secara lebih maksimal.

“Agrowisata merupakan potensi yang sangat besar, karena dapat bersinergi de­ngan perkembangan pari­wisata di daerah. Selain akan menjadi daya tarik wi­sa­tawan, kawasan agrowisata yang dikelola secara mak­simal, juga akan berdampak ter­hadap upaya pe­ngem­bangan ekonomi masyarakat. Saya minta para kepala dae­rah serius untuk menggarap sektor ini daerah masing-masing,” kata Irwan, Selasa (23/8).

Selain akan menjadi sum­­­ber ekonomi baru bagi masyarakat, pengelolaan kawasan agrowisata juga akan memberikan pe­nge­tahuan bagi generasi muda, terutama soal ketahanan pangan. Sektor ini pungkas Irwan, juga dapat menjadi acuan bagi pelajar untuk mempelajari proses per­kem­bangan pangan.

“Saat ini sudah ada ka­wasan agrowisata di Lubuk Min­turun. Kita akan be­rusaha untuk meningkatkan pengelolaannya. Kepada pelajar, supaya dapat digilir untuk datang berkunjung ke sana, karena tidak cukup hanya memberikan contoh di sekolah, tanpa praktek di lapangan,” ujarnya.

Anggota Komisi II DPRD Sumbar, Rahmat Sa­leh menyebutkan, terkait pengembangan agrowisata, DPRD Sumbar telah meran­cang beberapa peraturan daerah yang mendukung hal tersebut, salah satunya Per­da kemandirian pangan. Bahkan saat ini, juga tengah dirancang Perda keamanan lahan, yang nantinya dapat disinkronkan dengan agro­wisata.

“Diharapkan, Perda ke­ama­nan lahan sudah dapat mas­uk dalam periode bulan ini,” tuturnya.

Walikota Padang H. Mah­yeldi, mengatakan, Kota Padang akan terus me­ngem­bangkan agrowisata. Karena sampai saat ini, banyak pe­lajar yang tidak dapat mem­bedakan tanaman secara baik, apakah itu pohonan atau tumbuh-tumbuhan. Se­perti halnya tanaman obat, sayuran dan semacamnya. “Mereka hanya tahu tanaman yang umum-umum saja, yang sering mereka lihat,” kata Mahyeldi.

Kehadiran kawasan agro­wisata sebut Mahyeldi, se­lain sebagai daya tarik wisa­tawan dan salah satu upaya dalam pengembangan eko­nomi ke­rakyatan, juga seba­gai bahan edukasi dan pem­belajaran bagi siswa di seko­lah. (h/rin)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 17 Januari 2020 - 17:02:28 WIB

    Waspadai Potensi Ancaman, Panglima TNI Ajak Kawal Dan Sukseskan Pilkada Tahun 2020

    Waspadai Potensi Ancaman, Panglima TNI Ajak Kawal Dan Sukseskan Pilkada Tahun 2020 PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2020, tidak berapa lama lagi akan dihelat secara serentak. Pasalnya saat ini telah, terlihat baliho para calnon di jalan-jalan, namun demikian pelaksanaan pi.
  • Jumat, 06 September 2019 - 23:50:42 WIB

    Florikultura Berpotensi Besar Tingkatkan Ekonomi Masyarakat, Tapi Belum Termaksimalkan

    Florikultura Berpotensi Besar Tingkatkan Ekonomi Masyarakat, Tapi Belum Termaksimalkan PADANG, HARIANHALUAN.COM—Holtikultura dapat menjadi sektor untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi Indonesia yang saat ini hanya 5,1 persen. Namun, sektor Holtikultura khususnya florikultura sampai saat ini belum dapat terma.
  • Jumat, 01 September 2017 - 01:05:30 WIB

    Gempa Padang Tak Berpotensi Tsunami Sempat Dikira Tawuran

    Gempa Padang Tak Berpotensi Tsunami Sempat Dikira Tawuran PADANG, HALUAN -- Gempa dahyat berkekuatan 6,2 SR mengguncang Padang dan sekitarnya, Jumat (1/9) dinihari, pukul 00.06 WIB. Berlokasi antara 1.30 LS-99.88 BT itu terjadi di lautan antara daratan Padang dengan pulau Mentawai, .
  • Senin, 29 Mei 2017 - 15:24:09 WIB

    Potensi Lahan Tidur Padang Capai 240 Ha

    Potensi Lahan Tidur Padang Capai 240 Ha PADANG, HALUAN — Dinas Pertanian Kota Padang mengatakan ada ratusan haktare lahan tidur yang tidak dikelola oleh masyarakat. Ke depan, Dinas Pertanian akan mengajak masyarakat untuk mengoptimalkan kembali, sehingga dapat di.
  • Sabtu, 15 Oktober 2016 - 00:49:26 WIB

    Hujan Berpotensi Bencana, BPBD Imbau Warga Waspada

    Padang, Haluan — Dalam beberapa waktu terakhir, Kota Padang dilanda cuaca ekstrem yaitu hujan disertai badai. Hujan lebat dan angin kencang tiba- tiba terjadi, juga berpotensi banjir, longsor serta pohon tumbang..

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]