Wisata Halal? Sumbar Bersaing dengan Jepang, Tiongkok dan Australia


Kamis, 25 Agustus 2016 - 10:45:43 WIB
Wisata Halal? Sumbar Bersaing dengan Jepang, Tiongkok dan Australia Foto: minangtourism.com

JAKARTA, HALUAN -- Kementerian Pariwisata menyatakan Indonesia berpotensial untuk menjadi pusat kawasan pariwisata halal di dunia. Hal itu dikarenakan syarat sarana dan pelayanan wisata halal yang mayoritas telah dipenuhi Indonesia.

Deputi Bidang Pemasaran Pariwisata Mancanegara Kemenpar I Gde Pitana mengatakan, pariwisata halal dalam beberapa tahun terakhir menjadi tren di dunia. Menurutnya, ada berbagai potensi besar yang bisa dikembangkan jika Indonesia menjadi pusat wisata halal dunia.

Ia menambahkan, banyak wilayah di Indonesia yang bisa dikembangkan sebagai wisata halal, seperti Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), Aceh, Sumetera Barat dan Jawa Timur.

Khusus untuk Lombok, kata dia, telah mampu mencetak prestasi dengan meraih dua penghargaan sekaligus pada ajang World Halal Travel Awards (WHTA) 2015 di Abu Dhabi, yaitu sebagai World's Best Halal Tourism Destination dan World's Best Halal Honeymoon Destination.

"Potensi Lombok sebagai pusat destinasi wisata halal dunia semakin besar dengan semakin banyaknya infrastruktur pendukung yang dibangun saat ini," ujarnya kepada cnnindonesia.

Daerah itu dipersiapkan menghadapi negara lain yang sudah mempersiapkan diri menjadi destinasi wisata halal seperti Australia, Tiongkok, dan Jepang.

I Gde memaparkan, sekitar dua juta wisatawan asing bergama muslim berkunjung ke Indonesia tiap tahunnya. Sekitar 20 persen dari angka tersebut merupakan wisatawan asing.

Selain itu, sejumlah fasilitas umum bagi wisatawan di Indonesia, seperti hotel dan restoran telah menyajikan pelayanan dengan kriteria halal. Karenanya, bukan sesuatu yang sulit untuk menjadikan Indonesia jika dijadikan sebagai pusat destinasi muslim dunia.

"Harus dipahami bahwa halal bukan produk, tapi kriterianya memenuhi persyaratan produk untuk pelayanan halal kepada wisatawan," ujar I Gde. (*)

 

Editor : rakhmatul akbar

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]