DPPK Mulai Lirik Pengolahan Hasil Pertanian


Jumat, 26 Agustus 2016 - 03:28:22 WIB
DPPK Mulai Lirik Pengolahan Hasil Pertanian

SOLOK, HALUAN — Dinas Pertanian Perikanan Kehutanan (DPPK) Kota Solok mulai melirik kegiatan pada sektor pengo­lahan hasil pertanian. Mengingat selama ini Kota Solok selalu berorientasi pada pro­duksi.

“Hal ini perlu dilakukan mengingat kian berkurangnya lahan pertanian di Kota Solok akibat konsekwensi dari perkem­bangan kota. Artinya, saat ini Kota Solok sudah mulai mengarah pada industri hulu dan hilir,” jelas Kepala DPPK Kota Solok, Jefrizal kepada Haluan.

Baca Juga : Tegas! Bupati Sutan Riska Larang ASN Mudik

Perlu diketahui, sebut Jefrizal, sebe­lumnya luas lahan sawah di Kota Solok mencapai angka 1.500 hektare. Namun sekarang hanya tinggal 800 hektare saja. “Dari luas tersebut ada yang tadah hujan dan beririgasi teknis. Khusus beririgasi teknis tetap dipertahankan tanpa diusik untuk alih fungsi lahan. Jika sawah beririgasi teknis tidak dipertahankan sudah jelas sebutan Solok Kota Beras bisa tinggal nama,” ungkapnya.

Pemerintah Kota Solok sendiri, saat ini sudah mulai berfikir kearah pengolahan hasil pertanian. Petani bukan hanya bisa berproduksi, melainkan bisa mengolah hasil pertanian yang dihasilkan. “Pen­tingnya keterampilan petani melakukan pengolahan hasil untuk menghindari kerugian jika terjadi harga komodii turun. Biasanya kalau panen raya harga bisa anjlok,” bebernya lagi. (h/alf)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]