PENCANANGAN SUMBAR KOMPETEN

Lulusan Perguruan Tinggi Harus Bersertifikat


Jumat, 26 Agustus 2016 - 04:17:12 WIB

PADANG, HALUAN— Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) menekankan pentingnya sertifikat kompetensi bagi lulusan perguruan tinggi. Ketua Komisi Sertifikasi BNSP Ir Drs Asrital Tatang mengharapkan Sumatera Barat memiliki lebih banyak lagi Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) sehingga sarjana yang dihasilkan berkompeten.

Menuju Indonesia Kom­peten Tahun 2025, BNSP bersama Universitas Bung Hatta juga menggelar dek­larasi pencanangan Sumatera Barat Kompeten, di Aula Balirung Caraka Gedung B Kampus Proklamator I Univ­er­sitas Bung Hatta, Rabu (24/8).

“Masyarakat Ekonomi Asean sudah dimulai dan menjadi tantangan tersendiri bagi bangsa Indonesia. Tidak hanya itu perdagangan bebes dunia juga semakin dekat. Dengan demikian perlu dila­kukan persiapan dalam me­ng­hadapinya seperti men­yiap­kan tenaga kerja yang kompeten,” sebutnya.

Menurutnya, pemerintah melalui BNSP terus meng­galak­kan agar dibentuknya LSP, terutama untuk per­guruan tinggi yang banyak melahirkan tenaga terdidik.

“BNSP akan siap men­dukung baik perguruan tinggi atau asosiasi profesi yang membentuk LSP. Diharapkan Universitas Bung Hatta segera memiliki LSP setelah se­belumnya memiliki TUK (Tempat Uji Kompetensi) di bidang Kelautan dan Pe­ri­kanan melalui Fakultas Pe­ri­kanan dan Ilmu Kelautan,” terangnya.

Sementara itu Wakil Rek­tor III Universitas Bung Hatta Dr Diana Kartika, MHum menyampaikan terima kasih kepada pemerintah Provinsi Sumatera Barat yang telah mempercayakan Universitas Bung Hatta sebagai tempat mencanangkan Sumatera Barat Kompeten. 

“Sesuai dengan ketentuan UU Pendidikan Tinggi, Uni­versitas Bung Hatta telah mulai menyesuaikan segala sesuatunya mulai dari kuri­kulum KBK-KKNI, struktur organsiasi, sistem penjaminan mutu dan manajemen penge­lolaan perguruan tinggi,” sebutnya.

Terkait dengan sertifikasi kompetensi, Universitas Bung Hatta melalui Fakultas Peri­kanan dan Ilmu Kelautan telah memiliki Tempat Uji Kom­petensi (TUK) sejak tahun 2014 dan lulusannya sudah dilengkapi dengan SKPI dan sertifikat kom­petensi sejak wisuda ke-64 bulan April 2015. Ke de­pan­nya akan menyusul fakultas lainnya dalam menghadapi persaingan era globalisasi ini. (h/mg-hud)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 21 Agustus 2020 - 06:06:39 WIB

    6 Ribu Tenaga Kerja di Padang Kena PHK, Paling Banyak Lulusan Sarjana

    6 Ribu Tenaga Kerja di Padang Kena PHK, Paling Banyak Lulusan Sarjana HARIANHALUAN.COM - Jika mahasiswa bisa didisiplinkan dalam mematuhi protokoler kesehatan, kuliah daring bisa ditinggalkan dan kuliah tatap muka bisa dilakukan seperti sebelum Pandemik Covid-19..
  • Senin, 28 November 2016 - 01:03:37 WIB

    PT Harus Miliki Lulusan Berdaya Saing di MEA

    PADANG, HALUAN — Efek Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) memang belum begitu terasa di Sumatera Barat. Meski demikian semua pihak, termasuk perguruan tinggi (PT) sudah harus mempersiapkan kualitas lulusannya agar dapat bersaing.
  • Senin, 28 November 2016 - 01:01:22 WIB

    UNES-AAI Sudah Cetak 21.514 Lulusan

    UNES-AAI Sudah Cetak 21.514 Lulusan PADANG, HALUAN — Rektor Universitas Ekasakti-Akademi Akuntansi Indonesia (UNES-AAI), Andi Mustari Pide, me­lantik 376 wisudawan, Sabtu (26/11). Upacara wisuda berlangsung di Auditorium UNES-AAI dan dihadiri oleh Koordinato.
  • Selasa, 25 Oktober 2016 - 02:02:32 WIB
    KEBUTUHAN MENINGKAT

    Lulusan Apikes Iris Terserap dengan Cepat

    Lulusan Apikes Iris Terserap dengan Cepat PADANG, HALUAN — Ke­butuhan akan juru rekam medis belakangan ini mening­kat. Akademi Perekam dan Infor­masi Kesehatan (Apikes) Iris Padang mencatat, sekitar 80 persen lulusannya sudah ter­se­rap dunia kerja dengan cepa.
  • Kamis, 13 Oktober 2016 - 01:56:25 WIB
    JOB MATCHING DI SMKN 1 PADANG

    Lulusan SMK Harus Bisa Bahasa Inggris

    Lulusan SMK Harus Bisa Bahasa Inggris PADANG, HALUAN — Saat sekarang ini lulusan Sekolah Menengah Kejuaraan (SMK) tidak semuanya bisa langsung diterima be­kerja. Hal ini, karena kurikulum di SMK yang tidak sesuai dengan kebutuhan industri dan bahasa Inggris ta.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]