Jalan Lubuk Selasih-Muara Labuh Kembali Normal


Sabtu, 27 Agustus 2016 - 14:13:27 WIB
Jalan Lubuk Selasih-Muara Labuh Kembali Normal Mulai Lancar - Akses Jalan Lubuk Selasih- Muara Labuh di Dusun Rawang Jariang Nagari Batang Barus, Jum'at (26/8) mulai lancar, pasca tertimbun longsor setinggi 6 meter pada Kamis (25/8) lalu. WANDI MALIN

AROSUKA, HALUAN – Sempat tertutup total hampir 24 jam, akses jalan dari Jorong Rawang,  Lubuk Selasih menuju Muara Labuh, Jumat (26/8) siang, kembali normal.

Ruas jalan tersebut tertimbun longsor, Rabu (24/8), akibat hujan deras yang melanda kawasan tersebut. Musibah longsor yang menimpa dua rumah itu menyebabkan itu menyebabkan empat warga tewas.

Pantauan Haluan di lokasi kejadian hingga pukul 13.30 Wib, Jumat (26/8), terlihat satu unit alat berat masih sibuk menggaruk material tumpukan longsor yang masih menggunung setinggi hamper tiga meter di sisi kanan dan kiri jalan.

(Baca juga : innalillahi-wa-innailahi-rojiun-seluruh-korban-longsor-di-solok-ditemukan-tak-bernyawa)

Sementara, petugas dari Polres Arosuka memberlakukan sistem buka tutup bagi kendaraan yang melintasi jalur tersebut. Kendaraan hanya bisa melaju pelan, karena aspal jalan masih tertutup aliran air bercampur lumpur hamper setinggi lutut pria dewasa. Saat pembersihan berlangsung, hujan masih terus mengguyur kawasan tersebut.

"Jalan sudah bisa dilewati. Tapi belum bisa dua jalur sekaligus, karena eskavator masih bekerja," sebut Waka Polres Arosuka Solok, Kompol Cipto Harjono yang sudah berada di lokasi sejak pukul 09.00 Wib.

Menurut Kompol Cipto, aktifitas kendaraan bisa melewati jalan itu sejak Kamis malam, pukul 19.30 Wib. Paling lama, kata dia, pembersihan material longsor ini akan berlangsung hingga dua hari mendatang, atau secepatnya Sabtu sore (27/8), arus lalu lintas  sudah kembali normal. "Kita perlu segera melancarkan arus lalu lintas, karena ini jalan transportasi utama ke Muara Labuh," sebutnya.

Terkait informasi masyarakat yang menduga ada 2 unit mobil pengangkut pupuk kandang tertimbun longsor di depan kedai rumah, pihaknya mengaku belum bisa memastikan. Sebab, hingga Jumat kemaren, petugas tidak menemukan tanda-tanda adanya mobil yang tertimbun.

"Kemungkinan besar, mobil itu memang tidak ada di sini, karena material longsor sudah lebih separoh dibersihkan, " terangnya. (h/ndi)

Editor : Rivo Septi Andries





Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM