Tekan Kerugian Jadi Rp3 Miliar, Jadikan BIM Bandara Kualitas Dunia


Senin, 29 Agustus 2016 - 02:26:09 WIB
Tekan Kerugian Jadi  Rp3 Miliar, Jadikan BIM Bandara Kualitas Dunia GM AP II BIM, Suparlan memotong kue ulang tahun AP II ke-32 di Hanggar BIM, Minggu (28/8). Suparlan ingin menjadikan BIM menjadi bandara sekelas bandara internasional.

PADANG, HALUAN — Manajemen PT Angkasa Pura II Cabang Bandara Internasional Minangkabau (PT AP II BIM) mampu menekan kerugian yang dialami pada tahun sebelumnya. Hingga periode ini, AP II BIM sudah menekan kerugian hingga Rp3 miliar.

“Kami terus melakukan perbaikan kinerja untuk me­raih hasil yang lebih baik ke depan. Jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang mencapai Rp56 miliar itu, tahun ini jauh lebih baik. Hingga Juli 2016, kami mene­kan kerugian dan baru men­capai angka Rp3 miliar,” ujar GM PT AP II BIM, Suparlan di sela kegiatan peringatan HUT ke-32 PT AP II.

Ia menjelaskan, pembe­na­han itu dilakukan dengan me­lakukan efektivitas dan efi­siensi di semua lini dan mela­kukan perbaikan layanan. Menurutnya, aksi “bedah di­ri” itu dilakukan agar bandara lebih bagus dan bersih. Ia mengakui, saat ini semua bandara di bawah AP II berko­mitmen menjadikan bandara sebagai “Perform to Become World Class”.

Untuk memberikan laya­nan baik bagi pengguna jasa, kata Suparlan, dimulai dari pembenahan fasilitas toilet di terminal. Ia menu­turkan, ban­dara identik de­ngan toiletnya. Jika toiletnya tak bersih, bandaranya di­ang­gap kurang bersih, lalu ditinggalkan oleh pengguna jasanya. Ia tak mau imej seperti itu terjadi di BIM.

“Saat ini pembenahan fa­silitas itu dilakukan pada lantai 1 dan 2. Sementara lantai 3, fasilitas toiletnya sudah bisa dioperasikan peng­gunanya bersamaan de­ngan ruang tunggu di lantai 3 ter­sebut,” ujarnya.

Sebelumnya, tokoh ma­sya­rakat Boy Lestari Dt. Palin­dih yang juga hadir dalam kegiatan peringatan HUT ope­rator ban­dara di Indonesia itu, berharap AP II BIM bisa me­ningkatkan layanan pada peng­guna jasa bandara. “Saya meli­hat ada tiga hal terkait layanan peng­guna jasa ban­dara, per­tama soal kebersihan bandara, layanan prima serta menjaga keamanan bandara,” ujarnya.

Momen peringatan HUT kali ini ditutup dengan pe­lak­­sanaan gerak jalan santai bersa­ma karyawan dan mitra PT AP II BIM. Sebelumnya, sejum­lah kegiatan dilak­sa­nakan pa­nitia, yakni pancing mania, domino, futsal, dan donor da­rah. Pada puncak peringatan HUT itu, panitia menyiapkan banyak hadiah dan ditunggu-tunggu oleh peserta gerak jalan santai.

Suparlan menginginkan mo­mentum ulang tahun itu  bi­sa dilanjutkan dengan ber­ba­­gai inovasi untuk peru­sa­haan se­hingga BIM nyaman ba­gi peng­guna jasa pener­ba­ngan.

Ketua Pelaksana HUT, Fendrik S menyebutkan, acara dimulai pada pertengahan Agustus sekaligus mem­peri­ngati HUT ke-71 RI. “Ada 9 sam­pai 10 rang­kaian acara, an­tara lain tarik tambang, me­mancing, per­tan­di­ngan do­mino, bad­min­ton, fut­sal, dan jalan sehat sejak  12 Agustus,” tambah­nya. (h/mat)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 08 September 2020 - 18:16:31 WIB

    Tertekan Covid-19, Indeks STI Terperosok

    Tertekan Covid-19, Indeks STI Terperosok HARIANHALUAN.COM - Pandemi Covid-19 membuat indeks saham negara-negara ASEAN mengalami koreksi tajam. Akan tetapi, seiring dengan berjalannya waktu, hanya KLSE milik Malaysia yang paling cepat pemulihannya, sedangkan Straits .
  • Jumat, 28 Agustus 2020 - 08:13:40 WIB

    Tertekan Dolar AS, Harga Emas Melorot 2 Persen

    Tertekan Dolar AS, Harga Emas Melorot 2 Persen HARIANHALUAN.COM - Harga emas turun lebih dari 2 persen pada penutupan perdagangan Kamis (Jumat pagi waktu Jakarta). Harga emas terus terombang-ambing selama perdagangan sesi tersebut..
  • Jumat, 21 Agustus 2020 - 07:43:30 WIB

    Tertekan Covid-19, 20 Pabrik Sepatu di Indonesia Gulung Tikar

    Tertekan Covid-19, 20 Pabrik Sepatu di Indonesia Gulung Tikar HARIANHALUAN.COM - Dampak pandemi virus Corona atau Covid-19 betul-betul mengganaskan. Roda perekonomian jalan di tempat. Begitu pula industri sepatu, kini banyak yang gulung tikar. Berdasarkan Data Asosiasi Persepatuan Indon.
  • Senin, 20 Juli 2020 - 09:53:39 WIB

    Pagi Ini, Rupiah Makin Tertekan ke Level Rp14.735/USD

    Pagi Ini, Rupiah Makin Tertekan ke Level Rp14.735/USD HARIANHALUAN.COM - Nilai tukar Rupiah terhadap dolar Amerika Serikat melemah pada perdagangan pagi ini. Di awal pekan, Rupiah berada di level Rp14.700-an per USD..
  • Sabtu, 18 Juli 2020 - 21:15:55 WIB

    Kasus Corona Baru tak Bisa Ditekan, Sandiaga: Resesi Sudah Semakin Nyata di Depan Kita

    Kasus Corona Baru tak Bisa Ditekan, Sandiaga: Resesi Sudah Semakin Nyata di Depan Kita HARIANHALUAN.COM - Pengusaha nasional Sandiaga Uno memprediksi resesi ekonomi menghantam Indonesia di tengah pandemi virus Corona (COVID-19). Menurut pria yang akrab disapa Sandi itu, ancaman resesi semakin nyata jika peningk.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]