PNP Akan Hadirkan Technopark


Senin, 29 Agustus 2016 - 02:50:20 WIB
PNP Akan Hadirkan Technopark Direktur PNP Aidil Zamri didampingi Ketua Senat Mafrial Muluk, Wakil Direktur I Albar dan Ketua Panitia Rembuk PNP Narzis Nazaruddin memukul gong tanda dimulainya kegiatan Rembuk PNP 2016 di Hotel Mercure, Minggu (28/8). Isu penting yang dibahas dalam kegiatan ini adalah pembuatan kawasan industri yang dikenal dengan technopark.

PADANG, HALUAN —Po­litek­nik Negeri Padang (PNP) persiapkan diri meny­am­­but  tech­nopark yang direncanakan akan dibangun di Lubuak Bunta, Padang Pa­ria­man bersamaan dengan pen­dirian gedung kam­pus baru. Nantinya, technopark ini akan menjadi tempat ber­kumpulnya akdemik, industri dan pe­me­rin­tah untuk pemanfaatan riset ilmiah di masyarakat dan industri.

“Ini seiring dengan ke­ingi­nan Menristekdikti untuk hi­li­risasi hasil penelitian. Kami saat ini sedang berupaya me­ning­katkan kuantitas dan kualitas hasil penelitian sehingga bisa termanfaatkan oleh masyarakat. Dan tentunya ini butuh dana yang besar,” ucap Direktur PNP Aidil Zamri usai membuka Rembuk PNP 2016 bertemakan Workshop Pengembangan Pen­didikan Tinggi Vocational Ber­basis Technopark di Hotel Mer­cure, Minggu (28/8).

Aidil menyebutkan, selama ini hasil-hasil penelitian dosen hanya sampai sebatas laporan. Nantinya, hasil penelitian ini, apalagi yang dihasilkan oleh pendidikan vokasi bisa di­tam­pil­kan di jurnal.

Dalam Rembuk PNP 2016 ini, Aidil juga mengatakan, PNP menargetkan beberapa hal. Salah satunya adalah persiapan menuju Badan Umum Layanan (BLU). Termasuk dengan me­nar­getkan setengah dari program studi yang ada saat ini meraih akreditasi A.

“Menuju perguruan tinggi dengan BLU ini setidaknya jum­lah mahasiswa harus men­capai 10.000 orang. Sementara ke­mam­puan daya tampung PNP saat ini baru sekitar 4.000 maha­siswa. Karena itu, dengan ke­pindahan ke Padang Pariaman ini, kami akan mendapatkan tempat yang lebih luas dan cita-cita ini bisa terwujud,” terangnya.

Terkait pengembangan kam­pus di Padang Pariaman ini, Aidil menyebutkan pemerintah daerah sudah bersedia mem­bebaskan lahan seluas 50 hektare beserta jalan masuk ke kawasan ini. Hingga saat ini, rencana ini masih terus dibicarakan dan akan diteruskan ke pihak Ke­men­ristekdikti.

Aidil menambahkan, salah satu tujuan rembuk ini adalah membahas rencana penerbitan surat keterangan pendamping ijazah (SKPI) bagi lulusan. Dalam SKPI ini akan tergambar mata kuliah beserta nilai ma­ha­sis­wa dan kompetensi yang dimiliki mahasiswa. Hal ini akan memudahkan lulusan meng­hadapi persaingan di era MEA.

“Untuk itu kami me­ngun­dang Politeknik Elektronika Negeri (PEN) Surabaya dan Politeknik Bandung untuk men­jelaskan penyusunan SKPI ini, karena mereka telah lebih dulu me­n­ge­luarkan SKPI ini,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Rembuk PNP 2016 Narzis Na­za­ruddin mengatakan, kegiatan ini diikuti oleh 150 orang peserta yang berasal dari struktural PNP, keluarga besar akademi komunitas yang akan meru­muskan rencana PNP ke depan. Narzis juga mengatakan, ke­giatan ini untuk meningkatkan kolaborasi antara pemerintah provinsi, kabupaten dan kota, industri dan dunia akademik dalam banyak hal. (h/eni)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 03 April 2020 - 20:04:24 WIB

    Keren! Cegah Corona, Staf PNP Ciptakan Alat Tempat Cuci Tangan Tanpa Sentuh Kran Air

    Keren! Cegah Corona, Staf PNP Ciptakan Alat Tempat Cuci Tangan Tanpa Sentuh Kran Air PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Banyak cara dilakukan masyarakat saat sekarang ini demi terhindar dari infeksi virus corona. Salah satunya dengan cara rajin mencuci tangan dan menggunakan hand sanitizer. Namun, di tengah-tengah a.
  • Kamis, 03 Oktober 2019 - 19:28:49 WIB

    Alhamdulillah! Berkat PNP, Rumah Warga Limau Manih Ini Sekarang Layak Huni

    Alhamdulillah! Berkat PNP, Rumah Warga Limau Manih Ini Sekarang Layak Huni PADANG, HARIANHALUAN.COM - Dalam rangka Dies Natalis ke-32, Politeknik Negeri Padang (PNP) melakukan program Bedah Rumah warga di RT 02 RW 02 Kelurahan Limau Manis, Kota Padang..
  • Senin, 10 Oktober 2016 - 02:19:53 WIB

    PNP Gelar Senam Massal dan Family Gathering

    PNP Gelar Senam Massal dan Family Gathering PADANG, HALUAN — Masih dalam rangka peringatan ulang tahun ke-29, Politeknik Negeri Padang adakan senam massal dan family gathering, Minggu (9/10). Berbagai kegiatan perlombaan digelar untuk mendekatkan hubungan antara selu.
  • Kamis, 06 Oktober 2016 - 03:28:36 WIB
    USIA KE-29

    PNP Tingkatkan Mutu Dosen

    PNP Tingkatkan Mutu Dosen PADANG, HALUAN — Di usia 29 tahun, Politeknik Negeri Padang (PNP) ber­tekad menjadi pendidikan tinggi vokasi berdaya saing. Untuk mewujudkan lulusan yang bermutu, PNP meng­genjot mutu dosen dan tenaga kependidikan..
  • Selasa, 30 Agustus 2016 - 04:19:51 WIB

    Pembangunan Kampus Baru PNP Tunggu Sertifikat BPN

    PADANG, HALUAN—Tahapan pemindahan kampus Politeknik Negeri Padang (PNP) dari Limau Manih, Kota Padang ke Lubuak Bunta, Keca­matan Sicincin, Kabupaten Padang Paria­man tinggal menunggu sertifikat tanah dari Badan Pertanaha.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]