Dana Perimbangan Berkurang Rp30 M


Selasa, 30 Agustus 2016 - 03:28:28 WIB

SAWAHLUNTO, HALUAN — Meski Dana Alokasi Umum (DAU) Kota Sawahlunto tidak masuk dalam list pemotongan anggaran Ke­menterian Keuangan, namun anggaran Kota Sawahlunto tetap terpengaruh dengan pengu­rangan beberapa item anggaran dalam dana perimbangan.

Setidaknya catatan semen­tara pengurangan terjadi pada dana bagi hasil pajak, yang semula mencapai angka Rp21 miliar, dikurangi menjadi Rp12 miliar,” ujar Sekda Kota Sawah­lunto Rovanly Abdams, dalam Apel Awal Pekan, di pelataran Parkir Balaikota Sawahlunto, Senin (29/8).

Selain itu, lanjut Rovanly Abdams, pengurangan juga terjadi pada tunjangan serti­fikasi guru, yang semula diang­garkan Rp32 miliar, dikurangi sebesar Rp14 miliar. Diper­kirakan pengurangan dalam perubahan APBD 2016 men­capai angka Rp30 miliar.

Pengurangan anggaran da­na perimbangan itu, belum masuk dalam Kebijakan Umum Anggaran Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA PPAS) Perubahan tahun 2016, yang telah disampaikan ke DPRD Sawahlunto beberapa waktu lalu.

Sekdako Sawahlunto meng­ungkapkan, pengurangan ang­garan tersebut, diketahui pada Kamis (25/8) pekan lalu, se­telah KUA-PPAS Perubahan APBD Sawahlunto 2016 telah disampaikan ke DPRD Sawah­lunto, sehari sebelumnya.

“Tentu perlu penyusunan program dan kegiatan kembali, sehingga bisa disesuaikan de­ngan anggaran yang ada, de­ngan mengedepankan program pembangunan yang sangat-sangat prioritas sekali,” ujarnya.

Meski demikian, Rovanly Abdams sendiri, mengaku masih bersyukur, sebab dana alokasi umum (DAU) Kota Sawahlunto tidak dikurangi. Apalagi, kebijakan Ke­men­terian Keuangan itu, diterapkan untuk banyak provinsi dan kabupaten kota. (h/dil)





Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM