KOMISI III TETAPKAN TIGA HAKIM AGUNG

Hakim Jujur tak Dipilih DPR


Rabu, 31 Agustus 2016 - 03:16:12 WIB
Hakim Jujur tak Dipilih DPR Ilustrasi.

JAKARTA, HALUAN — Komisi III me­ram­pung­kan uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) kepada tujuh calon hakim agung. Pimpinan Komisi III Desmond J Mahesa sebelumnya sempat memberi sinyal DPR akan menolak tujuh calon hakim agung yang diaju­kan oleh Komisi Yudisial (KY) itu.

Namun pada rapat pleno siang kemaren, DPR akhir­nya melakukan tetap pe­mi­lihan dan menyetujui tiga nama menjadi hakim agung dan mencoret empat nama lainnya. Salah satu yang dicoret adalah Wakil Ketua Pengadilan Tinggi (PT) Tan­jung Karang, Lampung, Set­ya­wan Hartono yang dikenal sebagai hakim jujur.

Baca Juga : Motor Nekat Masuk Tol, Siap-siap Kena Sanksi Rp500 Ribu

Tujuh nama yang telah menjalani fit and proper test adalah Ibrahim (kamar per­data), Setyawan Hartono (kamar perdata), Panji Wi­da­g­do (kamar perdata), Eri Riadi (kamar perdata), Kolo­nel Hidayat Manao (kamar militer). Kemudian dua calon hakim ad hoc tipikor yaitu Dermawan Djamian dan Ma­r­sidin Namawi.

Dari tujuh nama itu, ter­pilih Ibrahim (mantan pim­pinan KY), Panji Widagdo (Wakil Ketua PT Mataram) dan Edy Riyadi (hakim tinggi agama). “Itulah nama yang sesuai dengan musyawarah yang kita lakukan sejauh ini. Tapi catatan kami dari inte­gritas adalah pertimbangan nama-nama ini. Tapi karena ini proses demokrasi, kami sepakat,” kata anggota Ko­misi III DPR Taufiqulhadi.

Baca Juga : Waspada! Varian Baru Mutasi Ganda B1617 dari India Telah Menyebar ke 5 Negara

“Saya tidak melihat ada yang layak. Kalau pada saat saya bertanya, (calon hakim agung) ngomong hebat bang­et tapi jawabannya muter-muter,” ungkap Pimpinan Komisi III, Desmond J Ma­hesa, di Gedung DPR, Kom­pleks Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (30/8) seperti dilansir detik.com.

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]