Berada di Zona Terlarang, 17 Permohonan IMB Ditolak


Rabu, 31 Agustus 2016 - 04:23:15 WIB
Berada di Zona Terlarang, 17 Permohonan IMB Ditolak

PADANG, HALUAN –Dinas Tata Ruang dan Tata Bangunan (TRTB) Kota Padang, menolak 17 permohonan IMB sepanjang Januari hingga Agustus 2016. Penolakan tersebut dikarenakan bangunan berada dalam zona yang dilarang sesuai Perda No. 04 tahun 2012 tentang RT/RW.

Kasi Perizinan Dinas TRTB Kota Padang, Lidya Agusti kepada Haluan, Selasa (30/8) mengatakan, zona terlarang sebagaimana diatur Perda tersebut, di antaranya berada di tepi sungai, lahan produktif pertanian, perbukitan dengan kemiringan lereng melebihi 25 derjat dan berjarak 100 meter dari bibir pantai.

“Seluruh pemohon ini berkasnya lengkap dan ada sertifikat. Namun, kami tidak bisa memberikan IMB karena nanti bisa bermasalah. Jika dipaksakan, akan berdampak buruk kepada masyarakat dan pemohon sendiri,” katanya.

Dicontohkan, salah satu perumahan di Kelurahan Tabing Banda Gadang (samping kantor pemompaan air PDAM) yang berada di tepi aliran sungai Batang Kuranji, yang selalu kebanjiran apabila terjadi hujan deras atau banjir bandang. Disamping itu, juga ada ancaman abrasi pantai yang selalu menghantui warga Pasie Nan Tigo.

“Belajar dari beberapa kasus di atas, sebab itulah kami sedikit lebih ketat untuk mengeluarkan IMB,” katanya.

Sampai akhir bulan Agustus 2016, TRTB telah mengeluarkan 751 IMB yang mayoritas diberikan kepada rumah pribadi dan ruko. “Sekitar 65 persen, IMB diberikan untuk rumah pribadi, 20 persen untuk ruko, dan 15 persen untuk bangunan lainnya,” katanya.

Untuk tahun 2016 sendiri terang Lidya, target penerimaan PAD dari restribusi IMB pada Dinas TRTB Kota Padang, ditargetkan sebesar Rp12,5 miliar. Sementara hingga Agustus 2016 ini, penerimaan PAD dari IMB sudah te­rea­lisasi sebesar Rp9,5 miliar. (h/mg-ang)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]