WAGUB: ASN TAK PERLU CEMAS

Kepala Daerah Harus Putar Otak Hindari Tumpang Tindih di SOTK Baru


Rabu, 31 Agustus 2016 - 04:43:59 WIB
Kepala Daerah Harus Putar Otak Hindari Tumpang Tindih di SOTK Baru Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit.

PADANG, HALUAN — Rencana Pemerintah se-Sumatera Barat untuk menciutkan dan memisahkan SKPD setelah adanya PP No. 18 tahun 2016 dan UU No. 23 tahun 2014, diharapkan tidak membuat kegalauan bagi para Aparatur Sipil Negara (ASN).

Beberapa daerah bahkan telah menyelesaikan Struk­tur Organisasi Tata Kerja (SOTK) yang baru dan ada pula yang telah dibahas di hadapan wakil rakyat. Dalam realisasinya, akan ada peja­bat yang terdepak dan ada yang dipromosikan pada SKPD yang dirombak.

Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit mengatakan, perampungan SOTK di ling­kungan Pemprov ditar­get­kan tuntas pada Sep­tember 2016. Untuk sementara, ke­ko­songan sejumlah SKSPD akan diisi oleh pelaksana tugas (Plt). Untuk jabatan definitif, SOTK baru akan dijadikan sebagai rujukan.

“Kami masih menunggu SOTK baru ketuk palu di DPRD Provinsi. Namun de­mikian, saat ini sudah ada Plt di masing-masing dinas yang kosong,” sebut Nasrul Abit di ruang kerjanya, Se­lasa (30/8).

Untuk perampungan, Pem­­­prov Sumbar menar­get­kan awal tahun 2017 semua SOTK sudah finish dan diisi oleh pejabat yang definitif. Ia juga menjadwalkan, SOTK finish pada 27 September nanti.

Semestinya, lelang ja­batan untuk menentukan pejabat definitif yang masih kosong, dilakukan sebelum 2017.

Wagub menekankan, bah­­wa pejabat yang mem­punyai kinerja baik, tidak perlu ce­mas akan tersingkir, karena pasti akan dipercaya untuk menjabat kembali. “Tidak perlu cemas, karena kalau memang berkinerja baik, tentu akan dipercaya kembali,” ujarnya.

Sementara di ling­ku­ngan Pemko Padang, se­jum­lah SKPD berkemungkinan akan dihapus dan sebagian bidang akan ditingkatkan menjadi SKPD mandiri.

Di antaranya Dinas Pasar yang akan dilebur dengan Dinas Perdagangan, serta Dinas Kebersihan Per­ta­manan yang akan berubah menjadi Dinas Lingkungan Hidup setelah digabungkan dengan Bapedalda.

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]