PUSAT TAHAN PENGUCURAN TAHAP II

Realisasi ADD Tahap I Baru 45 Persen


Rabu, 31 Agustus 2016 - 04:57:14 WIB

PADANG, HALUAN — Pengucuran Alokasi Dana Desa (ADD) tahap II yang direncanakan Agustus ini, tampaknya kembali molor. Penyebabnya, dari 60 persen ADD tahap I yang telah dicairkan, ternyata sejumlah nagari baru merealisasikannya sekitar 45 persen. Akibatnya, pencairan tahap II ditahan oleh pemerintah pusat.

Hal itu diungkapkan Kepala Badan Pemberdayaan (BPM) Sum­bar, Syafrizal, kepada Haluan akhir pekan laluDijelaskan, dari 880 desa/nagari di Sumbar, rata-rata mendapat ADD sebesar Rp600 juta, meski ada yang lebih atau kurang, tergantung luas wilayah dan jumlah masyarakat­nya. Dari jumlah itu, pemerintah telah mengucurkan pada tahap I sebesar 60 persen atau sekitar Rp400 juta per desa/nagari.

“Ternyata, hingga pertengahan Agustus ini, Rata-rata baru 45 persen dana tahap I ini yang direalisasikan. Melihat kondisi ini kami dari BPM juga telah menyurati kabupaten/kota agar menggenjot realisasi ADD tahap I, agar pencairan tahap II bisa segera dilakukan,” terangnya.

Seperti diketahui, penyaluran ADD tahun ini berbeda dengan tahun lalu. Tahun lalu, pencairan dilakukan dalam tiga tahap, yaitu tahap I pada Bulan Maret, tahap II (Agustus) dan tahap III (Sep­tember). Namun, tahun 2016 ini ADD disalurkan dalam dua tahap saja, dengan persentase 60 persen tahap I dan 40 persen tahap II.

Besaran ADD untuk Sumbar tahun ini pun naik dua kali lipat dari tahun sebelumnya yang hanya Rp300 juta per desa/nagari. Tahun ini, pemerintah pusat mengu­curkan ADD sebesar Rp528 miliar ADD untuk Sumbar yang dibagi Rp600 juta ke 880 desa/nagari di Sumbar.

Molornya pengucuran ini lanjut Syafrizal, sebenarnya dam­pak dari lambannya pengucuran tahap pertama dari pemerintah pusat. “Dimana dana tersebut baru disalurkan pada akhir Maret. Itu pun belum semua desa/nagari yang dapat menerima, karena harus melengkapi beberapa per­syaratan agar dapat melakukan pengucuran berikutnya,” tukas Syafrizal.

Selain dihantui dengan molor­nya ADD tahap II, desa/nagari di Sumbar juga akan berhadapan dengan pemotongan  ADD sebesar Rp2,8 triliun yang dilakukan Kementerian Keuangan (Ke­men­keu). Meski belum tahu berapa besarannya, namun hal ini disi­nyalir akan berdampak kepada besaran penerimaan ADD tahun berikutnya.

Dihubungi terpisah, Ketua Komisi I DPRD Sumbar, Aristo Munandar, mengatakan, untuk mengefektifkan penggunaan ADD ini seharusnya nagari/desa di Sumbar sudah harus mempu­nyai program prioritas pemba­ngunan. Kalau pun ada pemo­tongan nanti diharapkan tidak akan berpengaruh kepada nagari/desa penerima.

“Harus ditentukan mana yang prioritas dan mana yang masih dapat ditunda pengerjaannya. Dengan cara ini akan lebih bijak dalam mengelola ADD,” tukasnya.



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com


[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 21 Februari 2020 - 20:53:32 WIB

    Hingga Minggu ke-2 Februari, Realisasi PAD Bapenda Padang Tembus Rp50 Miliar

    Hingga Minggu ke-2 Februari, Realisasi PAD Bapenda Padang Tembus Rp50 Miliar PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Padang menetapkan target pajak daerah pada tahun 2020 Rp641 miliar. Pajak ini terdiri dari 11 item, yakni pajak restoran, hotel, hiburan, reklame, parkir, air.
  • Senin, 13 Januari 2020 - 21:49:42 WIB

    Tahun Ini, Pemko Padang Realisasikan Pembangunan Dermaga Sungai Pisang

    Tahun Ini, Pemko Padang Realisasikan Pembangunan Dermaga Sungai Pisang PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Minat wisatawan untuk mengunjungi pulau-pulau di perairan Kota Padang terus meningkat. Hal itu dirasakan masyarakat dengan berkembangnya jasa penyewaan perahu dan tour guide..
  • Senin, 17 Juni 2019 - 22:27:11 WIB

    Sekdako Padang Ingatkan OPD Agar 50% Anggaran Terealisasi Semester I

    Sekdako Padang Ingatkan OPD Agar 50% Anggaran Terealisasi Semester I PADANG, HARIANHALUAN.COM – Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Padang, Amasrul menghimbau setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup Setdako Padang untuk dapat memacu pelaksanaan kegiatan yang telah direncanakan, agar a.
  • Senin, 10 Juli 2017 - 16:12:03 WIB

    OPD Mesti Kebut Realisasi PAD

    PADANG, HALUAN -- Pencapaian Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Padang tahun 2016 lalu hanya Rp391 Miliar, tidak sesuai yang ditargetkan yakni, Rp476 Miliar. .
  • Jumat, 12 Mei 2017 - 01:31:01 WIB

    Realisasi Retribusi DLH tak Capai Target

    PADANG, HALUAN -- Hingga bulan ke empat di tahun 2017 realisasi retribusi di Dinas lingkungan Hidup Kota Padang baru 16,13 persen. Capaian ini masih jauh dari target sekitar 20 persen yang ditargetkan DLH. .

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM