HARGA KOMODITAS NAIK JELANG IDULADHA

TPID Sumbar: Tak Pengaruhi Inflasi


Selasa, 06 September 2016 - 03:16:09 WIB

PADANG, HALUAN—Sepekan menjelang Iduladha, harga sejumlah kebutuhan pokok merangkak naik. Dalam catatan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sumatera Barat (Sumbar), kenaikan harga sejumlah komoditas terjadi setiap tahun pada momen saja, misalnya menjelang Lebaran.

Menurut Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Sumbar, bergejolaknya harga komo­ditas menjelang dan saat Idul­adha tak akan memengaruhi inflasi di provinsi itu.

Kepala Disperindag Sum­bar, Asben Hendri mengutara­kan, tak semua komoditas yang harganya naik. Komo­dintas yang menjadi sorotan pihaknya adalah cabai yang kenaikan harganya lumayan tinggi. Sementara kenaikan harga komoditas lainnya tak terlalu tinggi.

Ia menyebutkan, pantauan pihaknya di sejumlah pasar di Padang, di antaranya Pasar Raya, Pasar Siteba, dan Pasar Lubuk Buaya, harga komo­ditas bervariasi. Mengenai harga cabai merah yang dinya­takan lumayan tinggi itu, pihaknya mencatat, di Pasar Siteba, harga cabai merah keriting sebesar Rp46 ribu per kg, di Pasar Raya Padang Rp42 ribu per kg, dan di Pasar Lubuk Buaya Rp45 ribu per kg.

“Saat ini, pasokan cabai didominasi dari Jawa. Pasokan cabai dari Medan berkurang karena ledakan Gunung Sina­bung beberapa waktu lalu sehingga produksi cabai jauh berkurang. Namun demikian, pasokan yang ada tetap bisa memenuhi kebutuhan masya­rakat karena stok cabai yang masih aman,” ujar Asben Hen­dri di Padang, Senin (5/9).

Ia berpendapat, kenaikan harga cabai merah saat ini tak ada kaitannya dengan kecu­kupan persediaan atau penga­ruh cuaca. Kenaikan tersebut karena hukum pasar, yakni tingginya kebutuhan konsu­men di Sumbar akan cabai merah menjelang Iduladha. Masyarakat Sumbar suka me­randang daging yang mem­butuhkan cabai cukup banyak agar rasanya pedas.

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 27 Januari 2016 - 04:02:37 WIB

    TPID Diharapkan Kendalikan 10 hingga 30 Persen Inflasi

    PADANG, HALUAN — Sekdaprov Sumbar, Ali Asmar berharap Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) mampu m­e­ngen­dalikan inflasi pada angka maksimal 10 hingga 30 persen. Hal itu disampaikannya saat membuka rapat TPID di aula .

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]