Toyota Intercom, Rumah Teduh Bagi Customer


Rabu, 07 September 2016 - 05:37:33 WIB
Toyota Intercom, Rumah Teduh Bagi Customer SERAHKAN BUNGA - Branch Manager Toyota Intercom Tjen Imanuel menyerahkan bunga kepada Afrianto, customer yang selalu menjadikan Toyota Intercom sebagai bengkel servis mobil.

Ibarat rumah, Toyota Intercom merupakan tempat teduh bagi customernya. Nyaris tanpa sekat. Mereka, para customer dan karyawan disatukan lewat satu kata: Keluarga.

 

Bhenz Maharajo – PADANG

 

Di Toyota Intercom yang terletak di Jalan Purus II, Nomor 8, Kota Padang, Sumatera Barat, jargon pembeli adalah raja benar-benar teraplikasi sebagaimana mestinya. Di sana, kita bisa melihat, betapa orang yang datang dilayani dengan hati. Penuh keramahan dan keriangan. Tidak ada perbedaan. Orang berdasi, atau yang memakai sandal jepit butut, pelayanannya tetap sama. Tidak dibeda-bedakan. Itulah kenapa Toyota Intercom bisa bertahan dari awal 80-an, sampai sekarang.

 

Suasana di Toyota Intercom begitu akrab. Nuansa kekeluargaan sudah terasa di pintu masuk. Para tamu disambut dengan riang. Karyawan dengan mata berbinar, mengulurkan tangan dan memberi sekuntum bunga. Anak-anak dihadiahi sebungkus coklat. Walau hanya tempat penjualan mobil dan bengkel, tapi sambutan yang diberikan, mengalahkan sambutan-sambutan yang dirasakan, ketika melangkah masuk di hotel bintang lima.

 

Setelah disambut, para customer tak dilepas begitu saja. Dicarikan tempat duduk di kursi empuk. Dibuat senyaman mungkin. Setelah bincang ringan, barulah ditanya maksud dan tujuan kedatangan. Sebagian, ada yang ingin menyervis kendaraan. Sebagian lainnya, berniat membeli dan bertanya tentang produk Toyota yang dijual di Toyota Intercom. Dialog yang terbangun, bukan serupa tawar-menawar di pasar. Tapi, lebih menjurus ke percakapan dua orang sahabat yang lama tak bersua. Saling bertanya, memberi masukan dan mencarikan solusi. Percakapannya renyah. Tawa lepas seringkali terdengar. Suasana seperti itu tidak akan pernah anda temui di bengkel manapun, kecuali di Toyota Intercom.

 

Hebatnya pula, bagi customer yang datang untuk menyervis mobil, tak perlu ragu untuk menunggu. Sebab, Toyota Intercom sudah menyediakan tempat khusus untuk menunggu. Lokasinya ada di lantai dua bangunan. Bukan sembarang tempat. Ruang tunggunya ibarat café kenamaan. Desainnya mentereng.

 

Di lantai dua, suasananya nyaman. Alunan musik blues dengan tawa renyah anak-anak kecil yang berlarian dengan bertelanjang kaki di ruangan khusus anak, menambah riang suasana. Beberapa lainnya, terlihat mengambil makanan yang telah disediakan secara gratis, lalu membawa ke kursi tempatnya duduk. Orang-orang tua tampak santai. Sebagian mengobrol ringan, dengan cangkir teh atau kopi di tangan. Lewat jendela kaca yang menghadap langsung ke areal bengkel, customer bisa melihat mekanik yang sedang memperbaiki mobilnya.

 

Bagi umat muslim tak usah ragu pula jika waktu shalat masuk. Toyota Intercom juga menyediakan mushalla lengkap dengan toilet yang bersih. Beribadah di sana, tak akan terganggu oleh suara deru mesin dari ruang mobil, sebab tempatnya memang kedap suara.

 

Untuk perokok, ada pula smoking area, tempat yang memang dikhususkan bagi ahli hisap. Jangan kira, ruangan bagi perokok serupa yang ada di bandara. Sumpek, dan pengap. Di Toyota Intercom, smoking areanya serupa café. Ruangan lepas, yang menghadap ke laut. Kursi ditata dengan rapi. Semilir laut terasa begitu menyegarkan. Beberapa pengunjung, tampak berselfie ria. Mengabadikan keindahan Pantai Padang, yang kebiruan.  “Toyota Intercom bukan hanya bengkel. Tapi adalah rumah bagi kami, para customer. Tak sekadar tempat memperbaiki mobil, tapi juga tempat berbagi keceriaan. Di sini, tak ada batas antara karyawan dan customer. Layaknya di rumah, mereka menyatu serupa keluarga dengan kami,” tutur Afrianto, pengguna Toyota Avanza, yang ditemui sedang asyik duduk di smoking area, Sabtu (3/9/2016) siang.

 

Menurut Afrianto, itulah sebabnya, mengapa Toyota Intercom jadi pilihan utama pengguna Toyota untuk menyervis mobilnya. Mereka tak sekadar mendapatkan pelayanan, namun juga kenyamanan, yang tak ada duanya dibandingkan bengkel-bengkel lain. “Bengkel yang bagus dengan mekanik yang handal memang banyak. Tapi, kenyamanan bagi customer tidak serupa di Toyota Intercom,” papar Afrianto, yang terlanjur jatuh hati ke Toyota Intercom. Selain keramahan, di bengkel juga telah tersedia suku cadang yang lengkap.

 

Hal serupa diungkapkan Nurul. Pengguna Toyota Fortuner itu rela datang jauh dari Padangpariaman, hanya  untuk menyervis mobilnya. Nurul membawa serta dua buah hati dan istrinya. “Sekalian melepas penat,” begitu kata lelaki yang sudah sejak tahun 2010 berlangganan servis di Toyota Intercom.

 

Melepas penat, maksud Nurul bukan pergi ke lokasi wisata, tapi cukup datang ke Toyota Intercom. “Ya, di sini melepas penatnya. Di Toyota Intercom. Tidak hanya mobil yang diservis, tapi juga kita, para customer. Servisnya mulai dari makanan yang gratis, kenyamanan serta keramahan. Saya tidak menemukan suasana serupa ini, di bengkel manapun. Ini khasnya Toyota Intercom,” papar Nurul yang membiarkan saja anaknya berlari tanpa alas kaki. Dia yakin, lantai steril, dan para karyawan mengawasi anak-anaknya.

 

Kepuasan juga dirasakan Sri (33). PNS Pemkab Agam itu juga datang dari jauh untuk menyervis mobilnya di Toyota Intercom. Dalam pandangan Sri, tak ada mekanik yang handal selain yang dipunyai Toyota Intercom. Itulah sebabnya, mengapa dia mau datang jauh-jauh dari Agam ke Padang untuk memperbaiki dan memeriksa keadaan mobilnya. “Semua saya percayakan ke ahlinya. Dan, ahlinya itu ada di Toyota Intercom,” sebut Sri.

 

Meniti Sukses Lewat Keramahan

Keramahan, bagi Branch Manager Toyota Intercom Tjen Imanuel adalah hal terpenting dalam berbisnis. Apalagi bisnis penjualan dan perbengkelan yang benar-benar ditentukan oleh tingkat kepercayaan customer.  Sebab itu, dia tidak main-main dalam menciptakan suasana nyaman. “Kita tak ingin setengah-setengah dalam melayani. Semuanya mesti diseriusi. Terutama soal pelayanan dan kenyamanan bagi customer. Sebab, yang saya yakini, orang baru akan percaya jika telah nyaman,” papar Tjen Imanuel.

 

Tak jarang, Tjen turun langsung dalam melayani customer. Tidak hanya di bagian penjualan dia turun tangan, tapi juga ke bengkel. “Saya selalu memonotoring pekerjaan kawan-kawan mekanik. Kalau ada yang bisa saya kerjakan, ya saya kerjakan. Poin pentingnya, kerjasama untuk membuat customer puas,” papar lelaki ramah itu.

 

Dituturkan Tjen Imanuel, grafik penjualan dan kendaraan yang servis ke Toyota Intercom selalu naik. Dari segi penjualan, yang awalnya hanya 174 unit per bulan, naik menjadi 300 unit di tahun 2012. Penjualan tidak hanya di Padang, tapi juga di Pasaman Barat (Pasbar), Dharmasraya dan Payakumbuh. Di tiga daerah itu, Toyota Intercom memang punya autlet. Dengan melejitnya angka penjualan, tentu saja, jumlah kendaraan yang servis di Toyota Intercom semakin banyak. Sehari, rata-rata sampai 78 mobil, dengan tempo waktu servis paling lama dua jam.

 

Untuk memberikan servis maksimal, Toyota Intercom mempekerjakan 19 mekanik professional, yang bekerja mulai pukul 08.00 WIB 17.00 WIB. “Kadang, ada yang sampai lembur untuk menyelesaikan mobil pelanggan. Mereka bekerja dengan tulus, dan rela waktunya tersita agar mobil pelanggan selesai, dengan kondisi yang memuaskan,” papar Tjen.

 

Bahkan, demi pelayanan kepada customer, Tjen Imanuel pernah membongkar ruang kerjanya agar bisa dipergunakan untuk customer. Setahun lamanya lelaki berkacamata itu tak memiliki ruang khusus. Padahal, dia adalah seorang Branch Manager. Namun, baginya tak masalah, tidak punya ruangan, asalkan pelanggan puas. “Saya bisa bekerja dimanapun, sementara pelanggan mesti mendapat ruangan untuk menunggu. Ya sudah, saya bongkar saja ruangannya,” ungkap Tjen mengenang.

 

Punya Mekanik Bersertifikat, Bekerja Dengan Teknologi

Dalam melakukan servis, Toyota Intercom tidak hanya mengandalkan mekanik semata, tapi juga menggunakan metode dan perlengkapan yang canggih. Untuk mengetahui kerusakan, mekanik melakukannya dengan menggunakan Teknologi Intelligient Tester serta Global Tech Stream (GTS). Lewat dua alat itu, bagian yang rusak bisa terdeteksi. Setelah itu, barulah diperbaiki oleh mekanik, yang memang sudah handal. “Komponen apa saja yang rusak, bisa terdeteksi secara menyeluruh dengan menggunakan alat itu,” terang Kepala Bengkel Toyota Intercom, Doly Andriadi Siregar.

 

Setelah diketahui penyakitnya, barulah mekanik bekerja di bawah pengawasan mandor. “Kerjanya juga serius. Tidak sembarangan. Mobil Toyota ini khusus, makanya mesti ditangani oleh orang terlatih, dan bekerja dengan serius. Para mekanik sudah paham betul dengan itu. Mereka tidak main-main,” ucap Doly.

 

Dijelaskan Doly, mekanik Toyota Intercom selalu diupgrade lewat pelatihan dan dikirim ke Jakarta, hingga dapat sertifikasi. Jika ada mobil keluaran terbaru, dengan sistem yang baru pula, mekanik Intercom juga dikirim ke Jakarta khusus mempelajari mobil keluaran terbaru tersebut. “Semua yang bekerja di Toyota Intercom sudah bersertifikasi khusus Toyota. Sekolahnya ke Jakarta,” papar Doly.

 

Para cutomer yang melakukan servis juga diberikan berbagai macam pelayanan, seperti servis gratis, pergantian oli cuma-Cuma, sampai ke pelayanan jemput ke rumah. “Misalnya, customer tidak punya waktu untuk datang ke bengkel, kami yang mendatangi. Diservis mobilnya di rumah. Pelayanan ini juga gratis dan merupakan wujud perhatian tulus kepada konsumen,” papar Doly yang sudah bekerja bertahun-tahun di Toyota Intercom.

 

Pada masa-masa darurat, seperti bencana banjir yang sering melanda Kota Padang, Toyota Intercom buka sampai malam untuk melayani para customer yang mobilnya ngadat di jalan. Mobil akan diderek dan langsung diperbaiki di bengkel. Saat-saat seperti itulah, mekanik banyak yang lembur. Meski demikian, totalitas mereka bisa diuji. “Bagi kami di Toyota Intercom, customer merupakan raja yang mesti dilayani dengan baik. Dalam kondisi bagaimana pun, mekanik siap bekerja. Kami tak ingin melukai hati customer yang sudah mempercayai kami sebagai mitranya. Pelayanan yang kami berikan merupakan balasan atas kepercayaan tersebut,” papar Doly.

 

Ungkapan Doly membuktikan, bagaimana Toyota Intercom begitu tulus dalam melayani. Mereka, para pekerja di Toyota Intercom begitu yakin, ketulusan itulah yang menjadi pupuk keberhasilan, nan setiap waktu berbuah dan bisa dipetik. Mereka, para karyawan tak sekadar bekerja dengan tenaga dan pikiran semata, tapi juga dengan hati. Tak salah kiranya, customer menyebut Toyota Intercom merupakan rumah teduh bagi mereka. Rumah yang tak hanya tempat berlindung, tapi juga tempat berbagi keceriaan. Rumah yang selalu ada dalam hati.

 Berbahagialah mereka yang menjadi customer Toyota Intercom! (*)

 

Editor: Bhenz Maharajo

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 19 Februari 2020 - 10:31:40 WIB

    Yah..! Toyota Bakal Stop Penjualan 7 Model Mobil Ini

    Yah..! Toyota Bakal Stop Penjualan 7 Model Mobil Ini JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Polusi udara yang semakin buruk di India, membuat pemerintahnya memutuskan untuk menerapkan aturan baru soal ambang batas emisi kendaraan bermotor..
  • Rabu, 22 Januari 2020 - 21:07:54 WIB

    331.797 Unit Kendaraan Toyota Terjual pada 2019

    331.797 Unit Kendaraan Toyota Terjual pada 2019 JAKARTA,HARIANHALUAN.COM-PT Toyota Astra Motor (TAM) membukukan penjualan wholesales atau penjualan dari pabrik ke dealer sebanyak 331.797 unit dan meraup pangsa pasar 32,2% di Indonesia pada 2019..
  • Senin, 28 Oktober 2019 - 07:40:58 WIB

    Toyota Indonesia Siap Produksi Mobil Listrik

    Toyota Indonesia Siap Produksi Mobil Listrik TOKYO, HARIANHALUAN.COM - PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) siap memproduksi mobil listrik (Battery Eectric Vehicle) di pabrik Karawang, Jawa Barat. Meskipun demikian, TMMIN belum bisa memastikan jenis mobil lis.
  • Ahad, 23 Juli 2017 - 22:17:18 WIB

    Support Produk Toyota, ACC Padang Hadirkan 500 Customer 

    Support Produk Toyota, ACC Padang Hadirkan 500 Customer  PADANG, HARIANHALUAN.COM - Sebagai perusahaan pembiayaan pembelian yang bekerja sama dengan dealer-dealer ternama di Indonesia khusus semua produk Astra baik bekas maupun baru, Astra Credit Companies (ACC) berkomitmen memberi.
  • Kamis, 15 September 2016 - 21:09:13 WIB

    Editor Haluan Raih Juara Lomba Tulis Toyota Intercom

    Editor Haluan Raih Juara Lomba Tulis Toyota Intercom Editor Harian Haluan Bhenz Maharajo berhasil meraih penghargaan dalam Lomba Menulis Reportase Bengkel Toyota Intercom 2016..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]