Wabup Jawab Pertanyaan 9 Fraksi


Kamis, 08 September 2016 - 01:43:39 WIB
Wabup Jawab Pertanyaan 9 Fraksi WABUP Tanah Datar, Zuldafri Darma menyerahkan nota jawaban bupati atas pemandangan fraksi-fraksi saat sidang paripurna DPRD, Rabu (7/9). (FERI MAULANA)

TANAH DATAR, HALUAN — Wakil Bupati Tanah Datar menanggapi pertanyaan dari sembilan fraksi terkait dua Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Sistem Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) Kabupaten Tanah Datar dan Penyertaan Modal terhadap PDAM Tirta Alami Ba­tusang­kar yang dilontarkan oleh juru bicara masing-masing fraksi pada sidang paripurna anggota DPRD Tanah Datar, Rabu (7/9) kemarin.

“Jumlah perangkat daerah yang diajukan sama dengan kondisi saat ini, hanya saja terjadi peningkatan jumlah pejabat eselon II dan III yang disebabkan peningkatan status kantor menjadi dinas,” sebut Zuldafri Darma saat sidang Paripurna DPRD tersebut yang dilaksanakan di Aula BPCP Sumbar.

Menurut Zuldafri, pening­katan status kantor menjadi dinas akan mempengaruhi jumlah alokasi anggaran belanja pegawai dan tunjangan jabatan.

“Dalam membentuk pe­rang­kat daerah telah berdasar­kan analisis beban kerja yang disesuaikan dengan kondisi daerah. Dengan adanya peru­bahan status kantor menjadi dinas demi mewujudkan pela­yanan yang maksimal kepada masyarakat tentu akan mem­pengaruhi belanja pelayanan publik dan belanja modal de­ngan rancangan perangkat yang baru. Ini disebabkan terjadinya peningkatan jumlah pejabat eselon II dan eselon III,” jelas Wabup.

Berkaitan dengan Raperda penyertaan modal terhadap PDAMTirta Alami, Zuldafri Darma mengungkapkan, saat ini Pemerintah Daerah mengin­vestasikan sebesar Rp4.421.­422.287,54. Hal ini sesuai dengan Perda Kabupaten Tanah Datar Nomor 4 tahun 2012 tentang Perubahan atas Perda Nomor 13 tahun 2004 tentang Perusahaan Daerah Air Minum Kabupaten Tanah Datar.

“Sementara itu modal hi­bah pusat yang menjadi aset Pemerintah Daerah di PDAM Tirta Alami sebesar Rp12.­348.857.657,74,” tambah Wabup Zuldafri. (h/fma)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]