Mungkinkah Arcandra Masuk Kabinet Lagi?


Kamis, 08 September 2016 - 02:21:05 WIB

Sebelum menjadi menteri, nama Arcandra Tahar nyaris tak dikenal oleh masyarakat Indonesia. Barangkali hanya keluarga dan teman-teman beliau saja yang kenal. Tak heran, karena Arcandra Tahar lama berkarir dan melanjutkan pendidikan di Amerika Serikat.

Pria kelahiran Padang 10 Oktober 1970 itu diangkat menjadi Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) oleh Presiden Joko Widodo dalam perombakan Kabinet Kerja pada 27 Juli 2016.

Sayang, Arcandra hanya menjadi menteri selama 20 hari. Ia diberhentikan dengan hormat oleh Presiden Joko Widodo sebagai menteri pada tanggal 15 Agustus 2016. Ke­putusan itu diambil presiden karena Arcan­dra diketahui memiliki kewar­ganeg­araan ganda, AS dan Indonesia.

Meski jabatan menteri adalah hak prerogatif presiden, namun pemberhentian Arcandra dari kabinet menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Ada yang meng­ganggap Arcandra sengaja ‘diserang’ oleh orang-orang yang merasa terganggu dengan kebijakan  yang dilakukan Arcandra. Tapi bagaimanapun, hukum kita tidak mem­bolehkan berkewargaan negara ganda.

Soal kinerja Arcandra Tahar, Menko Kemaritiman sekaligus Plt Menteri ESDM Luhut Panjaitan mengatakan, meski hanya menjadi Menteri ESDM dalam waktu yang amat singkat, Arcandra telah membuat banyak gebrakan.





Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM